Kota Malang (MTsN 2) – Sabtu (06/10), jika biasanya pelaksanaan PTS (penilaian tengah semester) siswa berhadapan dengan PBT (Paper Based Test), kali ini siswa MTsN 2 Kota Malang dihadapkan dengan CBT (Computer Based Test). Bahas Inggris, matematika, dan PKN pun mengawali PTS CBT di semester ganjil.

Ketiga mata pelajaran tersebut menggunakan bentuk soal pilihan ganda dengan jumlah butir soal dan durasi yang berbeda. Bahasa Inggris terdiri dari 25 soal dengan durasi 80 menit, PKN sebanyak 20 soal dengan durasi 60 menit, sementara matematika terdiri 30 soal dan setiap soal memiliki durasi 3 menit. Meskipun baru diberlakukan untuk beberapa siswa kelas 9, namun ujian berbasis CBT ini akan terus dikembangkan hingga bisa diterapkan untuk seluruh jenjang.

Beberapa komentar positif dalam pelaksanaan PTS CBT adalah sebagai berikut. Pertama, suasana baru membuat siswa merasa lebih senang dalam mengerjakan PTS. Kedua, sebagai pengenalan dan latihan bagi siswa menghadapi UNBK dan UAMBK. Ketiga, lebih meminimalisir kesempatan siswa untuk bisa mencotek. Keempat, memudahkan guru dalam mengolah nilai. (ha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.