Ukur Kompetensi Siswa MTs Negeri 2 Kota Malang Melaksanakan Ujian Madrasah

Malang (MTsN 2) – Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Di MTsN 2 Kota Malang berlangsung mulai hari Senin – Sabtu (11/04/2022 – 19/04/2022). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas sembilan secara luring (tatap muka).

Ujian Madrasah dilaksanakan secara tatap muka bersinergi dengan peraturan dari Kementerian Agama Jawa Timur. Sistem ujian yang harus diikuti oleh siswa adalah dengan mengerjakan soal ujian di lembar soal untuk kemudian mengisi jawaban di link Google Form yang dikirimkan oleh pihak madrasah sepuluh menit sebelum waktu ujian berakhir. 

“Tidak ada kendala yang berarti selama proses pelaksanaan ujian, kecuali salah seorang siswa yang tidak membawa smartphone dimana hal tersebut disiasati dengan disediakannya lab. Komputer.” Ujar Ibu Eka Retnawati, S.Pd. selaku ketua pelaksana UM.

Peraturan yang diterapkan dalam UM seperti peraturan ujian pada umunya yaitu dilarang mencontek, dilarang menggunakan smartphone sebelum waktu yang ditentukan, dan peserta diwajibkan untuk mengumpulkan tas di depan ruang ujian.

Waka Kurikulum, Bapak Muslimin, S.Pd., M.Pd. menyatakan bahwa pelaksanaan Ujian Madrasah tahun 2022 ini berjalan lebih efektif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena adanya antusiasme dari peserta ujian, kerjasama antar pengawas, dan komunikasi yang baik antar semua pihak. 

Salah satu standar kelulusan yang ditetapkan oleh MTsN 2 Kota Malang adalah keikutsertaan dalam Ujian Madrasah. Sehingga kegiatan ini termasuk agenda penting MTsN 2 Kota Malang yang dilaksanakan secara berkala tiap tahunnya.

Dr. Subhan, S.Pd., M.Si. selaku Kepala Madrasah mengungkapkan bahwa UM ini merupakan pengganti Ujian Nasional bagi siswa MTsN 2 Kota Malang. Sehingga diharapkan agar peserta ujian dapat mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh. Beliau berpesan agar para peserta senantiasa berikhtiar dan berdoa. ( AM UM )

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*