Kelas Olimpiade dikhususkan kepada siswa terpilih yang telah mengikuti berbagai seleksi untuk bisa menjadi delegasi dari madrasah dalam mengikuti berbagai kegiatan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Kompetensi Sains Nasional (KSN).

Kompetensi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang  berkompetensi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh kementerian Agama Republik Indonesia. KSM ditetapkan madrasah/sekolah masing-masing dengan memilih peserta didik yang terbaik. KSM meliputi 6 mata pelajaran antara lain geografi, matematika, biologi, kimia, fisika, dan ekonomi yang masing-masing diwakili 3 peserta didik.

Kompetensi Sains Nasional (KSN) diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud Republik Indonesia. Dan dilakukan secara rutin tiap  tahunnya dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta.

MTs Negeri 2 Kota Malang melakukan seleksi bagi peserta didik yang berminat di KSM dan KSN. Seleksi peserta KSM dilakukan di bulan Juli 2021 dengan mengikuti  tes tulis. Kemudian hasil seleksi terpilih beberapa peserta didik bidang matematika (Syafira Indah Az Zukhrufi),  IPA (Qaisha Shafiyah ZK),  dan IPS (Tsabitha Qurota A’yun). Setelah mereka terpilih mulai dilakukan pembinaan oleh guru-guru yang ada di madrasah. Pembinaan dilakukan secara intensif per bidang studi. (foto terlampir). Lomba KSM dilaksanakan di bulan Agustus 2021 tanggal 21-23 Agustus 2021 ( Foto terlampir).

Beberapa peserta didik yang terpilih untuk KSM difokuskan untuk mengikuti KSN diantaranya masing-masing 2 peserta didik untuk mata pelajaran IPA, 3 peserta didik untuk mata pelajaran matematika dan 3 peserta didik untuk mata pelajaran IPS. Pembinaan juga dilakukan sebelum pelaksanaan lomba.


Kegiatan pembinaan Olimpiade  Sains


Kegiatan pembinaan KSM bidang IPA dan IPS


Kegiatan pembinaan KSN bidang studi Matematika, IPA dan IPS