Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H, Momen Kokohkan dan Kuatkan Karakter Al-Qur’an Para Siswa MTsN 2 Kota Malang

JATIMTIMES – Madrasah Tsanawiyah Negeri Negeri (MTsN) 2 Kota Malang, menyemarakkan bulan Ramadan dengan memperingati Nuzulul Qur’an di Masjid Al Ikhlas, Rabu, 27 Maret 2024. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi upaya madrasah dalam menanamkan karakter Al-Qur’an kepada para peserta didik. 

“Memotivasi pentingnya pembelajaran dan pemahaman Al-Qur’an, bahwa tidak hanya sekedar membaca, ini pembiasaan dan lebih lagi pada pemahaman pada Al-Qur’an,” kata Muhammad Bisri Guru PAI yang juga Ketua Pelaksana Kegiatan Nuzulul Qur’an.

2

Lebih lanjut, bahwa kegiatan ini menjadi rangkaian dari kegiatan Pondok Ramadhan yang diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Dalam kegiatan Nuzulul Qur’an ini diawali dengan Pembelajaran  Al-Qur’an dengan menggunakan metode Ummi. 

“Fokus pada Turjuman dan dilanjutkan dengan Khotmul Quran, dua anak membaca satu jus,” katanya.

5

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan shalawat nabi dari para peserta didik dan Turjuman. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Mauizatul Hasanah yang akan disampaikan oleh Ustadz Zainul Arifin.

1

“Tapi sebelum itu penampilan Shalawat Nabi, dan Turjuman, dimana 10 anak menampilkan apa yang sudah diajarkan dan dipelajari selama beberapa hari ini,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Pondok Ramadhan, Purwahyudi, SAg MPdI, menambahkan, bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari Pondok Ramadhan yang mulai dilaksanakan pada 19-28 Maret 2024. 

3

Rangakaian kegiatan Pondok Ramadhan dimulai dari Tadarus dan Terjemahan Al-Qur’an, Penguatan Aqidah, Ibadah  Yaumiah dan Moderasi Beragama. Kemudian dilanjutkan dengan bagi takjil, pengumpulan dan pendistribusian zakat, infaq dan shodaqoh, peringatan Nuzulul Qur’an dan terakhir buka bersama dan shalat tarawih berjamaah.

“Diikuti oleh semua siswa sekitar 700 sampai 800-an maupun para guru. Bergiliran per kelas, masing-masing jenjang 1 hari, sampai buka bersama dan tarawih disini,” paparnya.

6

Sementara pada peringatan Nuzulul Qur’an ini, diharapkan anak-anak lebih memiliki kecintaan dan semakin mengokohkan serta meningkat minat atau kemauan untuk membaca Al-Qur’an.

“Lebih-lebih diharapkan mereka bisa menerapkan atau mengaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Makanya nanti juga ada Turjumah biar anak-anak memahami dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Sumber : https://jatimtimes.com/baca/308965/20240327/024500/peringatan-nuzulul-quran-1445-h-momen-kokohkan-dan-kuatkan-karakter-al-quran-para-siswa-mtsn-2-kota-malang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*