Siswi MTsN 2 Kota Malang Juara Catur di Porseni Jatim

PORSENI MTs JATIM 2021

Dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pendidikan Madrasah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, olah raga dan seni.

Diantara kegiatannya yang akan dilakukan adalah Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tingkat Provinsi Tahun 2021. Kegiatan ini berupaya memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot, otak dan seni peserta didik madrasah dalam mengembangkan kreativitas dan prestasi madrasah. Ajang ini juga merupakan salah satu proses pembelajaran untuk berekspresi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan Porseni MTs 2021 Tingkat Jawa Timur ini akan dilaksanakan pada bulan September dan Oktober 2021, dengan penjadwalan sebagai berikut :

1. Online/Tatap Maya

  1. Pendaftaran                                  : 1 September sampai 2 Oktober 2021
  2. Pembukaan                                  : 4 Oktober 2021 secara Daring
  3. Penilaian Penyisihan                     : 4 sampai 9 Oktober 2021
  4. Pengumuman Finalis (10 besar)   : 10 Oktober 2021
  5. Kegiatan Final :
  6. Penayangan video finalis        : 11 – 25 Oktober 2021 (melalui youtube)
  7. Penilaian secara daring           : 26 – 27 Oktober 2021
  8. Pengumuman pemenang        : 28 Oktober 2021

2. Offline/Tatap Muka

  1. Pendaftaran                                     : 1 September sampai 13 Oktober 2021
  2. Pengumuman hasil verifikasi         : 18 Oktober 2021
  3. Pembukaan                                     : 4 Oktober 2021 secara Daring
  4. Techinal Meeting                             : 25 Oktober 2021
  5. Pelaksanaan                                    : 26-27 Oktober 2021

Pengumuman Juara Umum : 28 Oktober 2021

Tempat kegiatan Onlie/Tatap Maya di rumah/madrasah masing-masing, sedangkan kegiatan Offline/Tatap Muka bertempat di Kabupaten Malang.

Dalam hal ini MTsN 2 Kota Malang ikut berperan dan berpartisipasi dalam memeriahkan Kegiatan  PORSENI Mts 2021, Adapun cabang yang diikuti yaitu Cabang Olahraga Bulutangkis, Tenis Meja dan Catur. Kepala MTs Negeri 2 Kota Malang (Dr. H. Subhan S.Pd, M.Si) memberikan Pengarahan dan Motivasi kepada para Atlit dan Official, pengarahan beliau yang mendalam yaitu Kita sudah berusaha keras, belajar dan mempersiapkan diri untuk hal baik, sekarang saatnya kita tunjukan hasil kita semaksimal mungkin, jangan mudah menyerah dan selanjutnya kita serahkan semua pada Allah swt yang senantiasa melindungi dan menjaga kita , Semangat berjuang dan tetap berdoa kepada Allah agar kita memperoleh hasil yang terbaik.

Setelah melalui beberapa pertandingan pada Kegiatan PORSENI MTs Jatim 2021, maka diperoleh Medali Emas pada cabor Catur, yang didapatkan oleh Ananda Ajeng Kiramim Barara (MTs Negeri 2 Kota Malang), dengan menyisihkan beberapa peserta dari Kab/ Kota Jawa Timur.

Penutupan PORSENI MTs Jatim 2021

KOTA MALANG memperoleh Predikat JUARA UMUM PORSENI MTs JATIM 2021

(Radar Malang) MALANG KOTA – Prestasi membanggakan berhasil diraih pecatur Kota Malang. Adalah Ajeng Kiramim Barara, Siswi MTsN 2 Kota Malang yang berhasil menjadi juara pada ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat MTs Se-Jawa Timur pada Minggu (24/10) lalu. Kompetisi ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa Kota Malang berhasil mempertahankan gelar. Dalam kompetisi yang sama pada tahun lalu, atlet catur asal Kota Malang Nisrina Alma Sabita juga menjadi juara.

Ketua Percasi Kota Malang Thathit Budi Sucahyo mengungkapkan, pencapaian ini merupakan hasil dari pembinaan klub catur di Kota Malang yang terus dijalankan. Sehingga memunculkan bibit-bibit pecatur yang andal. Ajeng merupakan atlet yang bergabung di bawah klub Gajahmada.

“Ini merupakan hasil dari pembinaan hampir 20 klub catur di Kota Malang yang masing-masing selalu memberikan kesempatan kepada atlet junior,” ucap Budi.

Kompetisi yang rutin diadakan juga sebagai ajang memberikan jam terbang bagi para atlet. Sehingga para atlet terbiasa merasakan atmosfer kompetisi. “Bakat-bakat seperti Ajeng ini akhirnya bisa meraih prestasi berkat tempaan di liga dan klub,” sambung Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, untuk menjaga performa para atletnya, Percasi Kota Malang mengarahkan mereka untuk mengikuti kejuaraan secara daring. Mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

“Karena di masa pandemi ini kan event tatap muka masih dibatasi, sementara atlet mengikuti turnamen secara daring tiap harinya, sembari menunggu turnamen tatap muka. Rencananya Desember di Majalengka,” tuturnya.

Ke depannya, secara pribadi Budi berharap Ajeng bisa meningkatkan prestasinya secara bertahap. Dimulai dari kejuaraan tingkat provinsi, seperti Porprov dan Kejurprov hingga tingkat nasional. “Nantinya harapan kami Ajeng bisa bertanding sampai tingkat PON atau kejuaraan Asia Tenggara,” tutup Budi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*