Kota Malang (MTsN 2) –  Berbeda dengan hari-hari yang lain, pagi ini nuansa kebinnekaan terasa begitu kental di MTsN 2 Kota Malang. Hal yang paling menjadi sorotan adalah pakaian yang dikenakan oleh seluruh warga MTsN 2 Kota Malang. Beragam corak pakaian adat tampak menyemarakkan perayaan Bulan Bahasa.

Kepala MTsN 2 Kota Malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan peringatan bulan bahasa adalah untuk mempererat persatuan di tengah perbedaan yang ada. Perbedaan adalah keanekaragaman yang membuat hidup lebih berwarna. Untuk itu, warna-warna bahasa pun tampil dalam gebyar peringatan bulan bahasa. Ada drama bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab dan Inggris, mendongeng bahasa Jawa, serta puisi bahasa Madura.

Bahasa tentunya tidak lepas dari kebiasaan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut juga muncul pada perlombaan yang digelar, yaitu lomba menulis cerpen, menulis puisi, dan duta bahasa. Peserta duta bahasa dituntut untuk menyimak dengan baik pertanyaaan dari bapak dan ibu guru, lalu dengan cepat dan tepat menuliskan jawabannya di kertas yang telah disediakan. Pertanyaan terdiri dari materi mata pelajaran bahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan Jawa.

Sesuai jargon pemandu acara saat itu, “Bulan Bahasa, bulan kita semua!”, maka seluruh warga MTsN 2 Kota Malang turut berpatisipasi dalam menyemarakkan bulan bahasa. Tampilan yang disuguhkan tidak hanya dari siswa tapi juga dari bapak ibu guru, seperti tampilan puisi bahasa Madura oleh Arif Bahtiar dan tampilan puisi Sajak Palsuoleh Subhan, selaku Kepala  MTsN 2 Kota Malang, Selasa (14/11). (ha)

Editor : hans/isn

Sumber : http://jatim.kemenag.go.id/berita/501999/semarak-bulan-bahasa-mtsn-2-kota-malang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.