Kota Malang (MTsN 2 Kota Malang ) –  Jum’at (20/10), seluruh warga MTsN 2 Kota Malang laksanakan upacara hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Para siswa beserta guru dan karyawan mengenakan pakaian khas yang biasa dikenakan oleh santri, maka seluruh siswa putra MTsN 2 Kota Malang mengenakan sarung dalam berbagai model. Bagi siswa kelas VII sarung dikalungkan di leher, untuk siswa kelas VIII sarung dikenakan hingga lutut, dan  kelas IX sarung dipakai mulai pinggul hingga mata kaki.

Dalam amanatnya, Kepala MTsN 2 Kota Malang menyampaikan beberapa  hal tentang hari santri. Beliau menyampaikan bahwa penetapan hari santri nasional  dilatar belakangi oleh peran santri bagi bangsa yang mempunyai andil besar menjaga kesatuan NKRI. Pernyataan tersebut sesuai dengan akronim dari kata “Santri”, yang dalam bahasa arabnya terdiri 5 huruf yaitu, sinnun,  ta’ra’, dan  ya’Sin dijabarkan menjadiSaalikun ilal akhirah (penempuh jalan akhirat), nun dijabarkan menjadi Naaibun anil masyaayikh (generasi para guru/ulama),  ta’dijabarkan menjadi Taarikun anil ma’aashi (meninggalkan kemaksiatan), ra’ dijabarkan menjadi Raagibun fil khairat (senang dalam hal kebaikan), dan ya’ dijabarkan menjadi Yarjussalaamah fiddiin waddunyaa wal akhirah (mengharap keselamatan agama, dunia, dan akhirat).

”Semoga wajah pesantren, wajah Indonesia dalam artian Indonesia identik dengan kebaikan budayanya, pendidikannya, nilainya, dan berjiwa santri. Kita bangga Indonesia berwajah pesantren, berwajah santri,” pesan Subhan, selaku pembina upacara. (ha)

Editor: isn/hans/mn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.