Guru MTsN 2 Kota Malang Jadi Penulis Modul Online pada program PKB

Kota Malang (MTsN 2) – Pengembangan diri seorang guru dalam berkarir untuk pengembangan komptensinya demi peserta didiknya wajib hukumnya. Hal tersebut bisa dilaksanakan secara mandiri ataupun yang diselenggarakan oleh lembaga. Kemenag dalam hal ini memberi kesempatan bagi guru dan dosen untuk menjadi penulis modul online yang akan digunakan untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sampai tahun 2024 dari dana Bank Dunia untuk para guru di Pokja/MGMP di madrasah.

Bertempat di Hotel Dafam di kawasan Imam Bonjol kota Semarang berlangsung BIMTEK penyusunan Modul Online dari 16-19 Oktober 2023 yang diikuti para penulis yang lolos seleksi mulai dari penulis Modul Mapel, Laboran, Pustakawan, Kepala dan Pengawas.

Peserta yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia dan kumpulan para Fasilitator Daerah, Propinsi dan Instruktur Nasional diharapkan mengasilkan Modul PKB versi Online yang berbasis Implementasi Kurikulum Merdeka. Ini yang membedakan Modul yang sudah ada dengan Modul yang akan dihasilkan oleh para penulis yang akan dilanjutkan dengan kegiatan tindak lanjut melalui sistem daring atau online secara intens dan berkelanjutan hingga menghasilkan sebuah Modul yang bisa diterima oleh semua guru.

Yang menarik dari kegiatan tersebut adalah tim penulis Modul Online Bahasa Inggris untuk MTs berasal dari propinsi Jawa Timur, mereka adalah Muslimin dari MTsN 2 Kota Malang, Ni’matus Zahro dari Jombang, Lala dan Syamsudin dari Kediri dan Wiwik dari Mojokerto. Pemateri yang berasal dari para pakar dalam penyusunan Modul dan mengasilkan banyak buku yang memotivasi para penulis modul untuk kegiatan PKB tersebut.

Semoga kegiatan yang sangat bermanfaat dan dibiayai oleh Madrasah Reform bertujuan membekali para penulis dengan harapan segera terealisasi modul yang terstandar dan siap digunakan dalam kegiatan PKB di sebuah Leraning Management System ( LMS ) oleh para guru di Indonesia. ( MSlim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*