Kota Malang (MTsN 2) – MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris MTs se-Kota Malang adakan pertemuan untuk menerima materi Diseminasi Bimbingan Teknik Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS), Sabtu(17/11).

Petemuan tersebut dilaksanakan di MTsN 1 Kota Malang, Jalan Bandung Nomor 7, mulai pukul 13.00-15.30 WIB. Ada agenda tunggal dalam kegiatan ini yakni Teknik Penyusunan soal HOTS oleh salah satu peserta diklat guru Bahasa Inggris se-Jatim tersebut.

“Dalam kesempatan ini kami mendiseminasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan semua informasi terkait soal HOTS, mulai dari teori, alasan perlunya soal HOTS, dan teknik penyusunan soal HOTS itu sendiri. Jadi semua informasi yang didapatkan dalam kegiatan di Batu tersebut juga akan sama dirasakan oleh seluruh anggota MGMP,” jelas Muslimin selaku narasumber.

Guru Bahasa Inggris MTsN 2 Kota Malang tersebut juga menjelaskan bahwa anggota MGMP dituntut trampil dalam membuat rencana pembelajaran yang berisi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK ) dan 4C ( Critical Thinking, Creativity, Communicative, dan Collaborative ) serta muatan HOTS sehingga peserta didik sudah terbiasa mengerjakan soal PAT maupun PAS sehingga siap dalam menghadapi soal Ujian Nasional. “Ini juga sekaligus mempersiapkan kecakapan peserta didik menghadapi diabad 2,” imbuh Ketua Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) pada madrasahnya.

Para peserta merasa antusias mengikuti kegiatan tersebut dan beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan berkaitan denga materi serta usulan agar kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin agar kompetensi mereka lebih baik lagi terutama dalam menyusun soal HOTS.

Dalam kesempatan itu H. Sutrisno mengharapkan seluruh peserta diseminasi dapat menerapkan apa yang mereka dapatkan dalam kegiatan itu. “ Ini kesempatan baik bagi Bapak dan Ibu untuk mengembangkan kompetensi diri yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan Kota Malang khususnya pada MTs,“ imbuh Kasi Pendma Kankemenag Kota Malang tersebut.

Senada dengan itu Hj. Chusnul Chotimah menghimbau agar para peserta diseminasi selalu semangat dalam kegiatan MGMP yang dilaksakan setiap bulannya. “Ini adalah wadah untuk mengembangkan kompetensi dan ajang sharing berbagai informasi kekinian yang terkait dengan profesi Bapak dan Ibu semua. Bayangkan kalau tidak ada MGMP semacam ini, mungkin sulit untuk mengumpulkan guru sebanyak ini,” tambah Pokjawas Kankemenag Kota Malang.

Selaras dengan itu Ketua MGMP Bahasa Inggris, Hanik Fauziah, merasa berterima kasih atas kesempatan menerima disemisasi yang sangat penting ini. Pada kesempatan itu juga hadir Hj. Firma Luluk La’alik, selaku pengawas dan Achmad Riyadi selaku Ketua MGMP MTs Se-Kota Malang sekaligus wakil dari seluruh Kepala Madrasah mendampingi sampai acara berakhir dengan lancar dan sukses. (MSL)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/509099/guru-bahasa-inggris-mts-sekota-malang-mendadak-hots

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.