Kota Malang (MTsN 2) – Senin (29/10) masih dalam nuansa peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928, amanat pada upacara kali ini sarat dengan nilai kebangsaan dan kebahasaan. Sebelumnya, MTsN 2 Kota Malang gelar serangkaian acara Bulan Bahasa yang bertajuk Lestarikan Bahasa Daerah Sebagai Wujud Kebhinekaan dan Jadikan Bahasa Indonesia Sebagai Tali Pemersatu Bangsa. Variasi pakaian adat yang dikenakan warga MTsN 2 Kota Malang pada Sabtu lalu menumbuhkan rasa kebhinekaan dan kecintaan pada budaya bangsa.

Salah satu perlombaan yang diadakan juga mengusung unsur keragaman budayayaitu lomba gerak dalam lagu daerah. Lomba gerak untuk setiap kelas yang dilaksanakan secara kolosal ini berlangsung dengan meriah dan penuh antusias. Kelas 7 membawakan gerak lagu Ampar-ampar Pisang, kelas 8 membawakan gerak lagu Apuse, dan kelas 9 membawakan gerak lagu Rek Ayo Rek. Setelah menilai kekompakan, kreativitas, dan kesesuaian gerak, maka bapak ibu dewan juri memutuskan kelas 9A, 8A, dan 7G sebagai juara pertama di masing-masing lagu daerah.

Lomba sudut baca juga tidak kalah menariknya. Masing-masing kelas saling berlomba-lomba untuk menciptakan sudut baca yang semenarik dan senyaman mungkin. Sudut baca ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa MTsN 2 Kota Malang. Untuk itu, keberagaman konten pun juga menjadi penilaian. Kelas dengan sudut baca terbaik diraih oleh 9B, 7G, dan 7F.

Selain gerak dalam lagu daerah dan sudut baca, lomba duta bahasa juga mewarnai bulan bahasa kali ini. Dalam waktu 30 menit setiap siswa mengerjakan 20 soal pilihan ganda (yang terdiri dari 5 soal bahasa Indonesia, 5 soal bahasa Inggris, 5 soal bahasa Arab, dan 5 soal bahasa Jawa). Tentunya kerumitan soal juga disesuaikan dengan jenjang kelas. Setelah menakhlukkan soal-soal tersebut, akhirnya tersebutlah Nadiah Najah Nafi’ah sebagai Duta Bahasa Kelas 7, Chaswanah Aini sebagai Duta Bahasa Kelas 8, dan Syerli Permata H.S sebagai Duta Bahasa Kelas 9. (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/508615/bulan-bahasa-semarakkan-peringatan-sumpah-pemuda-di-mtsn-2-kota-malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.