Kota Malang (MTsN 2) – Senin (02/09), dengan mengenakan busana serba putih, upacara bendera di MTsN 2 Kota Malang kali ini terasa lebih bernuansa Islami. Tentunya, Muharram menjadi salah moment istimewa bagi umat Islam yang patut diperingati, tahun barunya umat Islam. Memasuki awal Muharram, dapat dikatakan sebagai peristiwa hijrah untuk kembali putih. Menjadikan pembelajaran bagi diri sendiri untuk meninggalkan sesuatu yang merugikan dan beralih pada sesuatu yang lebih baik.

H. Subhan selaku pembina upacara juga menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan Muharram. Pertama, di moment tahun baru islam ini, hendaknya lebih memperbanyak niat baik. Misalnya ketika berada di Madrasah, niatkan untuk menjalin tali silaturrahmi, mencari barokah ilmu, dan lebih mendalami ilmu agama. Kedua, lebih memperbanyak sedekah di bulan Muharram, terutama kepada anak yatim piatu. Mengingat  kisah pertumpahan darah di masa silam yang mengakibatkan banyak anak menjadi yatim piatu. Ketiga, menjalankan amalan sunnah seperti puasa sunnah  ‘Asyura dan Tasu’a di tanggal 9 dan 10 Muharram.

Usai pelaksaan upacara, warga MTsN 2 Kota Malang segera menuju masjid untuk melaksanakan sholat dhuha dan dilanjut dengan istighosah.  Seluruh peserta didik pun mengikuti dengan penuh takzim, semata mengharap ridho Allah SWT. Berharap semoga  dapat membawa kebaikan dan keberkahan bagi Warga MTsN 2 Kota Malang. (ha)

Editor : Admin

Sumber : https://jatim.kemenag.go.id/berita/515801/kenakan-busana-putih-peserta-didik-mtsn-2-kota-malang-peringati-tahun-baru-islam

One thought on “Kenakan Busana Putih, Peserta Didik MTsN 2 Kota Malang Peringati Tahun Baru Islam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.