Bersinergi dengan MTs Negeri 2 Kota Malang, Universitas Negeri Malang Laksanakan Program AM dan KPL

Kota Malang (MTsN 2) – Senin (21/08) dilakukan kegiatan pengantaran beberapa mahasiswa Universitas Negeri Malang oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk menjalani program Asistensi Mengajar (AM) yang akan ditempuh oleh Mahasiswa selama 4 bulan. Kegiatan pengantaran mahasiswa turut dihadiri oleh Kepala MTsN 2 Kota Malang bersama Guru Pamong dan Bapak/ Ibu guru yang menyambut baik kehadiran mahasiswa AM. Kegiatan pengantaran ini juga ditujukan bagi mahasiswa yang menempuh program KPL Reguler untuk bersama-sama merealisasikan program kerja yang telah dirancang. Berbeda dengan AM, program KPL Reguler sendiri ditempuh mahasiswa selama kurang lebih 2 bulan.

Pengantaran yang dilakukan pada Senin (21/08) total terdapat 13 mahasiswa Universitas Negeri Malang dari berbagai jurusan dan fakultas yang berbeda. Jurusan paling banyak didominasi oleh Departemen Pendidikan IPA dari Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu sebanyak 6 orang, Departemen Pendidikan Bahasa Arab dari Fakultas Sastra (FS) sebanyak 4 mahasiswa dan Departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak 3 mahasiswa. 

Program Asistensi Mengajar (AM) adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal yang merupakan salah satu perwujudan UM sebagai Kampus Merdeka. Melalui program tersebut diharapkan dapat dihasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat dapat dicapai. Sama halnya dengan program AM, program KPL Reguler juga bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman praktis di sekolah dan lembaga pendidikan mitra kepada mahasiswa Program Sarjana (S1) Kependidikan. Kegiatan riil di sekolah dapat melatih mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi yang memadai sebagai calon guru dan tenaga kependidikan yang lain. Ruang lingkup kegiatan program AM dan KPL Reguler selama di satuan pendidikan terdiri atas kegiatan akademik, nonakademik, administrasi sekolah disertai dengan publikasi kegiatan.

“Kegiatan Asistensi Mengajar di satuan pendidikan ini dilaksanakan selama 1 semester dan setara dengan 20 SKS. Harapan kami melalui program AM maupun KPL Reguler dapat membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman, menciptakan produk pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta mempersiapkan tenaga pendidik yang profesional.” tutur Ibu Erti Hamimi, S.Pd., M.Sc selaku DPL dalam sambutan yang diberikan. 

“Kami menyambut dengan senang hati kehadiran mahasiswa Universitas Negeri Malang program Asistensi Mengajar dan KPL Reguler di MTsN 2 Kota Malang. Harapan kami semoga mahasiswa dapat bekerja sama dan menjalankan program dengan baik bersama guru, siswa dan warga sekolah yang lain serta mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat” tutur Bapak Mokhamad Amin Tohari, S.Ag., M.Pd.I selaku Kepala Madrasah MTsN 2 Kota Malang dalam sambutan yang diberikan.

MTsN 2 Kota Malang sendiri diketahui telah banyak menorehkan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional di berbagai bidang keilmuan. Harapan dari pihak sekolah, mahasiswa dapat memfasilitasi siswa untuk menggali potensi dalam diri mereka dan meningkatkan prestasi yang mereka miliki serta bekerja sama dengan Bapak/Ibu guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran.(AM-Mslim)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*