Beri solusi pembelajaran online, Guru MTs Negeri 2 Kota Malang jadi pemateri live streaming

Pandemi belum berakhir sampai sekarang, sedangkan proses pembelajaran oleh guru yang harus diberikan peserta didik harus tetap dijalankan dan ditertima dengan baik sebagai bekal ilmu di masa depan. Pembelajaran tatap muka di PPKM level 4 seperti saat ini sudah tidk memungkinkan bagi daerah khususnya wilayah Malang dan sekitarnya. Hal ini mendorong salah satu guru MTs Negeri 2 Kota Malang, Muslimin, memberikan solusi yang bisa dilakukan oleh guru lain untuk menggunakan media pembelajaran yang sangat efektif dan mudah membuatnya. Media tersebut adalah Microsoft SWAY yang disediakn oleh Microsoft Corpoation.

    Acara yang dipandu oleh Catur Yoga Meiningdias dari MAN 9 Jakarta selaku moderator yang didampingi Mohammad Fauzi selaku Penanggung jawab IT di MTs Negeri 2 Kota Malang berlangsung pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Edutech Madrasah yang terkenal sebagai penyelenggara Pelatihan berbasis IT bagi guru guru madrasah se- Indonesia. Acara tersebut bertajuk “ 60 Menit Bersama Eduma” di ikuti para pemateri dari berbagai kalangan tingkat madrasah untuk memberikan pengalamannya menggunakan media pembelajaran yang digunakan pada saat pandemi seperti saat ini. Muslimin yang membawakan materi “ Pemanfaatan SWAY sebagai Media Pembelajaran Yang Komplit”mendapat respon yang baik dari peserta yang mengikuti secara realtime dan mendapatkan apresiasi positif yang disampaikan melalui chat live  yang di bacakan oleh sang moderator. Agenda yang semestinya dijadwalkan hanya 60 menit menjadi lebih lama karena antusias para penanya dalam acara tersebut membuat pemateri makin bersemangat dalam memberikan jawaban, ungkap guru bahasa Inggris pada MTs Negeri  2 Kota Malang tersebut.

    Dalam kesempatan tersebut pemateri memberikan paparan tentang apa itu SWAY, mengapa memilih media tesebut  untuk mengajar pada saat daring seperti ini dan mengapa disebut media pembelajaran yang komplit. Beliau menjelaskan secara detail dan tidak hanya itu peserta webinar juga dipandu langkah-langkah pembuatan media dari awal sampai cara menambahkan konten yang ada di media tersebut secara jelas dan terperinci yang dimulai dari judul di materi, penambahan presensi online, menambahkan materi utama, video penunjang materi, penambahan kuis untuk evaluasi pembelajaran serta kolom feedback yang diperoleh peserta didik selama pembelajaran berlangsung . “ Pengalaman dan kebiasaan membuat pemateri begitu fasih memberikan langkah langkah pembuatan media SWAY” kata Fauzi selaku pendamping moderator di acara tersebut. 

    Senada dengan itu, Catur juga sangat setuju dengan judul yang dibawakan pemateri tersebut. “ Pada masa sekarang kita perlu media yang cocok untuk mengajar dan salah satunya denag SWAY ini”, kata pendiri Edutech Madrasah tersebut. Pemateri dalam closing statementnya menyampaikan untuk selalu berkreasi dalam pembelajaran walaupun di masa pandemi sekarang ini. “ Kita butuh sedikit waktu untuk memikirkan cara mengajar kita dengan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan pembelajaran yang kita jalankan dan salah satunya denag cara berinovasi membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik agar mereka enjoy dalam belajarnya yang berimbas pada peningkatan kompetensi mereka dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah”, ujar waka kurikulum di akhir acara tersebut. ( MSlim)

 

Link Video

https://www.youtube.com/watch?v=KqENvxDMsUg&t=185s

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*