Kota Malang (MTsN 2)- Jika biasanya upacara dilaksanakan pada hari Senin, maka kali ini upacara dilaksanakan di hari Kamis. Upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini, menjadi upacara penutup di semester genap. Dengan memakai jas biru, anggota OSIS dengan sigapnya menjadi petugas upacara di hari istimewa tersebut Kamis (2/5).

Subhan, Kepala MTsN 2 Kota Malang yang kala itu menjadi pembina upacara menyampaikan amanat seputar perjuangan Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara. Ia begitu gigihnya memperjuangkan hak bangsa Indonesia untuk memperoleh pendidikan. Mengigat di zaman perjuangan, hanya kaum bangsawan yang boleh mngeyam pendidikan. Itu pun berada di golongan kelas dua, kelas yang beralaskan koran dan beratapkan langit. Untuk itu, sebagai generasi milineal yang dapat menikmati pendidikan dengan leluasa, sepatutnya bersyukur dan memanfaatkan masa muda dengan belajar sebaik-baiknya. Dua puluh tahun dari sekarang, peradaban Indonesia berada di tangan para pelajarnya.

Berikut kalimat bijak dari Raden Mas Soewardi Soeryaningrat yang patut kita teladani. Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya. Dengan ilmu kita menuju kemuliaan. (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/512729/upacara-hardinas-mtsn-2-kota-malang-teladani-ki-hadjar-dewantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.