Kota Malang (MTsN 2) – Kamis (15/08), meski telah berlalu, rangkaian semarak Idul Adha yang digelar selama tiga hari berturut-turut nyatanya memberikan kesan yang positif bagi peserta didik MTsN 2 Kota Malang. Dimulai dari hari Sabtu, seluruh warga MTsN 2 Kota Malang yang berjumlah 622 orang laksanakan manasik haji. Bapak ibu wali kelas berperan sebagai ketua KBIH (berjumlah 22) yang mengantarkan para jamaah haji melaksanakan rukun islam yang kelima.

Dilanjut dengan kemah Arofah. Kemah arofah ini juga diisi dengan materi keperamukaan dan takbir keliling untuk meramaikan malam menyambut hari raya Idul Adha. Kegiatan yang diikuti oleh peserta didik kelas 7 ini ditutup dengan pelaksaan sholat Idul Adha berjamaah di Masjid Al-Ikhlas.

Di hari ketiga, penyembelihan hewan kurban yang diikuti oleh warga MTsN 2 Kota Malang. Alhamdulillah hasil penyembelihan 10 kambing dan 1 sapi, Senin lalu (12/08), menghasilkan 211 kantong daging yang siap dibagi. Tidak hanya didistribusikan kepada warga MTsN 2 Kota Malang, tapi juga berbagi dengan yayasan panti asuhan sekitar.

“Alhamdulillah dengan serangkaian acara yang terlaksana selama tiga hari berturut-turut dapat berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini bisa memberi kesan yang bermakna bagi peserta didik MTsN 2 Kota Malang. Peserta didik dapat belajar bagaimana tatacara melaksanakan ibadah haji dan umroh dengan baik, turut menyemarakkan datangnya hari raya Idul Adha, dan mengetahui proses penyembelihan hewan kurban. Semoga kegiatan seperti ini bisa diaplikasikan peserta didik di lingkungan tempat tinggalnya. Turut meramaikan hari-hari besar islam,” kata Nur Sya’baniah, menyampaikan kesan dan harapannya. (ha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.