Kota Malang (MTsN 2)- Senin (24/06), memasuki hari ketiga, waktunya bapak ibu guru se-KKM MTsN 2 Kota Malang praktik menyusun perangkat pembelajaran usai menerima materi workshop penyusunan perangkat pembelajaran dan penilaian yang dibuka oleh Kasi PendMa Kan Kemenag Kota Malang, H. Sutrisno. Setelah dua hari menerima beberapa materi terkait RPP dimulai dari materi kebijakan pemerintah tentang standar penilaian yang disampaikan oleh H. Subhan, selaku kepala MTsN 2 Kota Malang. Dilanjut dengan materi konsep dan karakteristik RPP, unsur 4 dalam RPP (Critical Thinking, Creativity, Communicative, dan Collaborative), dan unsur PPK (penguatan pendidikan karakter) dalam RPP yang disampaikan oleh pemateri dari UIN Maliki Malang, Priyo Supriyanto.

Materi hari kedua tentang HOTS (Higher Order Thinking Skill), teknik penyusunan RPP, serta presentasi dan Review Hasil Penyusunan RPP yang juga disampaikan oleh pemateri dari UIN Maliki Malang, Wahid Murni. Setelah itu barulah memasuki sesi tanya jawab. Bapak Ibu tampak antusias, menyampaikan beberapa pertanyaan terkait RPP dan soal HOTS. Salah satu pertanyaan yang disampaikan yaitu tentang letak perbedaan RPP yang terbaru dengan yang sebelumnya. Perbedaan yang mendasar terletak pada langkah pembelajaran yang harus memunculkan unsur 4C dan PPK (penguatan pendidikan karakter). Bagi MTs tentunya perlu mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan program unggulan. Misalkan di bagian pembuka disepakati orientasi yang menjadi ciri khas madrasah, selanjutnya di bagian inti dimunculkan kegiatan literasi sebagai program unggulan.

Masih di Aula MTsN 2 Kota Malang, beliau juga turut memberi evaluasi dan saran berdasarkan presentasi RPP yang ditampilkan oleh Bapak Ibu perumpun mapel. Beberapa catatan yang perlu dicermati kembali terletak di bagian penulisan tujuan, alangkah lebih baik jika penulisan tujuan dalam RPP menggunakan rumusan ABCD (audience, behavior, condition, dan degree). Selanjutnya, jumlah rincian tujuan disesuaikan dengan jumlah rincian IPK (indikator pencapaian kompetensi). (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/513694/mtsn-2-kota-malang-ikuti-workshop-penyusunan-perangkat-pembelajaran-dan-penilaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.