Kota Malang (MTsN 2)- Matsama, masa ta’aruf peserta didik baru ini tentunya akan berkesan di hati. Selain kegiatan yang seru, materinya pun disampikan oleh narasumber handal. Seperti pada pelatihan baris-berbaris (PBB), peserta didik baru yang berjumlah sekitar 200 ini dilatih oleh anggota Koramil Kedungkandang. Demikian juga dengan materi penyuluhan Narkoba dan kenakalan remaja yang disampaikan langsung oleh bapak polisi dari Polsek Kedungkandang.

Tidak melulu tentang materi, kegiatan Matsama juga diisi dengan fun games.Melalui fun games peserta didik baru bisa mengasah kreativitas (membuat yel-yel) sambil menjalin kekompakan tim. Ada 14 kelompok yang akan bersaing meraih predikat kelompok terbaik dengan kriteria penilaian meliputi kekompakan, kedisiplinan, dan kreativitas.

Sebelum penutupan, ada agenda Jumat Bersih (19/07) yang diisi dengan kegiatan tanam pohon. Bekerja sama dengan kelompok Bank Sampah Eltari Kedungkandang dan Bank Tani Pokja 3 Kelurahan Cemorokandang, kegiatan tanam pohon dilaksanakan. Tumbuhan yang ditanam meliputi jenis tumbuhan yang ada di materi pembelajaran IPA kelas 7, 8, dan 9.

“Senang bisa menanam pohon, supaya madrasahnya bisa lebih asri. Jadi tau jenis-jenis tanaman juga , misalnya ada cemara, suplir, tanduk rusa, dan matoa,” kata Ayu dan Syafira, peserta didik baru, menyampaikan kesannya.

Satu lagi yang tidak kalah menariknya, Matsama MTsN 2 Kota Malang juga mengajarkan peserta didik baru untuk peduli sesama. Bakti sosial berupa santunan 13 kardus mie instan pun diberikan kepada panti asuhan terdekat yaitu Miftahul Huda dan Nurul Hikam. Pendistribusiannya diwakili oleh anggota inti OSIS beserta pembina, Sabtu (20/07). (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/514409/asyiknya-matsama-di-mtsn-2-kota-malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.