Kota Malang (MTsN 2)- Latihan manasik haji merupakan kegitan rutin tahunan di MTsN 2 Kota Malang. Kegiatan keagamaan yang diikuti oleh seluruh siswa beserta bapak ibu guru dan karyawan ini berlangsung dengan lancar dan takzim. Sekitar 500 calon jamaah haji terbagi menjadi 20 KBIH ( berdasarkan kelas) dengan didampingi karom atau karomah (wali kelas) masing-masing.

Alur latihan manasik haji hari Sabtu (18/08) ini adalah sebagai berikut. Peserta manasik bersiap di miqot masing-masing (Miqot Dzul Hulaifah dan Miqot Qornun Manazil). Kemudian peserta manasik berkumpul dan melakukan niat haji sebelum masuk ke area Masjidil Haram. Dilanjutkan dengan thowaf sebanyak 7 kali mengelilingi ka’bah. Setelah itu peserta manasik menuju lintasan sa’i (disunnahkan melakukan lari-lari kecil sebanyak 7 kali). Berlanjut ke area Wukuf/ Arafah, menuju Musdhalifah, lalu melempar jumroh di Mina. Setelah itu, peserta manasik kembali menuju Ka’bah untuk melaksankan thowaf wada’. Terakhir peserta manasik bertahalul sebagai penutup ibadah haji.

“Alhamdulillah manasik haji kali ini berjalan lebih tertib. Semoga dengan adanya LMH (latihan manasik haji) ini tertanam pendidikan sejak dini bagi siswa bahwa nantinya akan ada kewajiban untuk mereka (bagi yang mampu) melaksanakan ibadah haji sebagai perwujudan rukun islam kelima,” jelas Siti Masfiyah, selaku Waka Kesiswaan MTsN 2 Kota Malang. (ha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.