Kota Malang (MTsN 2) – Kamis (28/06), masih dalam hangatnya nuansa lebaran Idul Fitri 1439 H, MTs Negeri 2 Kota Malang agendakan kegiatan halal bi halal yang bertajuk kita kuatkan ukhuwah islamiyah menuju madrasah hebat dan bermartabat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh keluarga besar MTs Negeri 2 Kota Malang.

Subhan, selaku kepala MTsN Negeri 2 Kota Malang dalam sambutannya mengawali kegiatan halal bi halal dengan sebaris doa. Ja’alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin (semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung). Untuk menghindari salah tafsir, beliau mengingatkan kembali bahwa minal aidzin wal faidzin merupakan penggalan doa yang tidak bermakna mohon maaf lahir dan batin. Oleh karena itu, kurang sesuai jika mengucapkan minal aidzin wal faidzin dengan tujuan untuk saling meminta maaf.

Tidak sekedar mengakrabkan tali kekeluargaan, mauidzoh hasanah pun turut disertakan. Bertempat di Masjid Al-Ikhlas, H. Fatkhul Arifin menyampaikan beberapa hal, salah satunya prihal kaya dan sedekah. Jurus menuju kaya adalah dengan melaksanakan sholat berjamaah secara rutin, istiqomah sholat tahajud, dan dermawan. Seorang yang dermawan, ialah orang yang tidak takut membagi hartanya dengan orang lain yang membutuhkan. Dia adalah orang yang rajin bersedekah. Seperti yang disebutkan dalam firman Allah, “Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang terbaik.” (Qs. Saba’:39). (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/506003/mtsn-2-kota-malang-kuatkan-ukhuwah-islamiyah-menuju-madrasah-hebat-dan-bermartabat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.