Kota Malang (MTsN 2) – Senin (16/07), usai pelaksaan apel, MTs Negeri 2 Kota Malang sambut keluarga baru dengan dengan halal bi halal. Sebanyak 185 peserta didik baru akan mengikuti Matsama (masa taaruf siswa madrasah) selama 4 hari. Matsama hari pertama (Sabtu) diawali dengan pembukaan serta penyematan ID card peserta oleh Subhan, selaku kepala madrasah, kepada peserta didik baru yang diwakili oleh Moch. Wildan Fairuz Zaky dan Nabila Indrianingtyas.

Selain berupaya membentuk karakter religius dan berdisiplin pada diri peserta didik, Matsama juga memberikan berbagai pembekalan materi. Salah satunya materi tentang Tata Cara Belajar yang disampaikan oleh Solehan. Lima kiat berikut dapat dilakukan untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan. Pertama, cari tempat belajar yang nyaman. Kedua, tentukan waktu belajar yang baik. Ketiga, tentukan metode belajar menurut hati. Keempat, belajar dengan disiplin. Kelima, learning by discussion.

Untuk mempraktikkan kiat tersebut, Solehan meminta peserta didik baru membentuk lingkaran dalam kelompok-kelompok kecil. Masing-masing kelompok mendapatkan 8 batang tusuk gigi. Dari 8 batang tusuk gigi itu mereka ditantang untuk membuat 2 kotak dan 4 segitiga. Alhasil, peserta didik baru belajar mendiskusikan permasalahan dengan serunya. (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/506233/matsama-mtsn-2-kota-malang-ajarkan-kiat-belajar-menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.