Jadikan Wisuda sebagai Pintu Utama dalam Menuntut Ilmu pada Wisuda dan Gelar Prestasi Peserta Didik Kelas IX Angkatan 44 MTsN 2 Kota Malang

Kota Malang – Minggu (09/06/24) tepat pukul 07.00 pagi hari dengan suasana suka cita MTsN 2 Kota Malang  menggelar Wisuda dan Gelar Prestasi Peserta Didik Angkatan Ke-44 Tahun Pelajaran 2023-2024 di Hotel Savana Malang. Acara dihadiri oleh 263 peserta didik kelas IX, seluruh GTK, pejabat, komite madarasah, wali/orang tua peserta didik, serta tamu undangan. Dan sangat  teristimewa lagi acara dihadiri oleh Kepala bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Ketua Tim Kelembagaan dan Sistem Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Zun Afif Amrullah, S.E,  yang didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Nurul Istiqomah, S,Pd.I. M.Pd. dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kementerian Agama Kota Malang, Abdul Mughni, S.Ag., M.Pd. 

Untuk  menyambut kedatangan para orang tua/wali peserta didik kelas IX dan tamu undangan, hadirin disuguhi beberapa lagu oleh tim Paduan Suara. Disusul berikutnya peserta didik kelas IX selaku wisudawan dan wisudawati memasuki ruang wisuda dengan diiringi shalawat oleh  ekstrakurikuler Al Banjari. Acara berlangsung dengan khidmat saat prosesi civitas akademik madrasah memasuki ruang wisuda, dan diirngi lagu Terima Kasih Guruku. Adapun urutan barisan pada saat prosesi civitas akademik adalah  Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka), pagar bagus dan ayu, kepala madrasah, kepala tata usaha, para wakil pimpinan, dan seluruh GTK MTsN 2 Kota Malang. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Madrasah.

Acara dibuka Master of Ceremony (MC) dengan 4 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Abiya Freya 8J, bahasa Inggris, Nadhifa Aulia 7G, bahasa Arab, Sayhdan Yahya 8B, dan bahasa Jawa, Elang Putra  7D, 4 MC tersebut memandu acara dengan sangat handal. Agar hati terasa tentram dan tenang acara dirangkai dengan lantunan Kalam Ilhali oleh Yahya Al Rasyid 8E dengan saritilawah Janeta Raisalah 7I. Untuk menambah kehkhusukan acara ditambahkan bacaan Asamaul Husna yang dilantunkan oleh tim Paduan Suara. Acara dilanjutkan dengan sambutan kepala madrasah Mokhammad Amin Tohari, S.Ag. M.Pd.I yang menandakan secara resmi wisuda gelar prestasi peserta didik Angkatan 44 resmi dimulai. Ucapan terima kasih kepada berbagai pihak, dan permohonan maaf pun telah disampakan saat sambutan. Kepala MTsN 2 Kota Malang ini juga mengucapkan,  “Selamat dan sukses kepada para wisudawan  yang telah mengenyam pendidikan dan sudah banyak menorehkan segudang prestasi di madrasah ini.” Beliau juga menyerahkan kembali kepada orang tua/wali peserta didik kelas IX yang sudah memepercayakan pendidikan anaknya di madrasah tercinta ini. Dirangkai berikutnya  dengan sambutan ketua komite madrasah, Sjahlan, B.A.

Tari Saman tak kalah menariknya juga disajikan sebelum prosesi wisuda digelar.  Secara bergantian tiap kelas diwisuda oleh kepala madrasah, satu persatu para wisudawan dikukuhkan menjadi wisudawan dengan penanda pengalungan gordon, disambung menerima map dari wali kelas dilanjutkan poto bersama wali kelas dan kepala madrasah, diakhiri dengan Ikrar Wisudawan.  Tampilan peserta didik  terbaik MTsN 2 Kota Malang setelah melampaui uji Publik Imtihan Al Qur’an Metode Ummi , Tartil, Juz 30, 29, 1, 3, dan 6 sekalian tampilan 3 Skill Turjumanul Qur’an QS : Al Mujadalah ayat :11 diujikan di acara tersebut.

Sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang oleh KH. Achmad Shampton, S.HI., M.Ag. pada acara tersebut tidak dapat hadir secara langsung dikarenakan menjalankan tugas sebagai Petugas Haji Indonesia Tahun 2024 di Tanah Suci Makkah, untuk itu hadirin diajak menyimak sambutan beliau melalui tayangan video. Dalam tayangan video ini beliau mengucapkan,  “Selamat dan sukses bagi anak-anak MTsN 2 Kota Malang yang pada hari ini telah diwisuda. “Semoga  wisuda kali ini menjadi bagian dari doa, washilah untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.” Ungkap Gus Shampton sapaan akrab beliau. Orang nomor 1 di Kantor Kementerian Agama Kota Malang ini juga menegaskan ,“Sebagai bentuk upaya kita semua untuk mendoakan anak-anak trus belajar dan tidak pernah berhenti belajar.” Beliau juga menandaskan, “Anak-anak harus mempunyai  prinsip Maaziltu Thooliban “Saya tetap murid dan saya tidak akan pernah berhenti belajar.” Beliau menambahkan, “Jadikan wisuda ini sebagai pintu pertama untuk belajar dan menuntut ilmu di manapun berada.”

Acara dilanjutkan dengan sambutan  Kepala bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Ketua Tim Kelembagaan dan Sistem Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Zun Afif Amrullah, S.E. Dalam kesempatan ini turut mengucakan  terima kasih kepada wali murid yang sudah memberikan kepercayaan untuk  mendaftarkan dan meyekolahkan putra putrinya di madrasah ini, dan insya Allah MTsN 2 Kota Malang adalah pilihan yanga sangat tepat. Beliau juga menandaskan,   “Ada 2  tantangan yang sangat global sangat besar yaitu tantangan akademis dan tantangan moral atau akhlak yang semakin berat. MTsN 2 Kota Malang mampu memberikan jawaban ke dua-duanya.”  Apresiasi beliau juga disampaikan kepada selurah bapak ibu guru yang telah memilih profesi sebagai guru, karena guru adalah profesi yang sangat mulia, ungkap beliau.

Penganugerahan kepada para peserta didik berprestasi menjadi agenda berikutnya. Diumumkan para peraih nilai mata pelajaran tertinggi, wisudawan terbaik dan Elvmoza Maura Azarine 9G meraih sebagai Siswa Teladan.  Hadirin dihibur juga  dengan persembahan sebuah lagu oleh Arynda 8G dan pesan kesan perwakilan peserta didik kelas IX Asyifa Nuriya Zahrah 9E.  Disambung dengan sambutan perwakilan wali peserta didik, Dr. Abdusssakir, M.Pd orang tua Raj Akmalazziyadatillah 9A. Beliau menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terima kasih tak terhingga mewakili pribadi, keluarga, dan seluruh wali murid atas bimbingan yang diberikan Bapak Ibu guru MTsN 2 Kota Malang. Beliau juga mendoakan anak-anak menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Dan lebih pentingnya berbakti kepada kedua orang tua mereka masing-masing. Doa dipimpin Arif Bahtiar, S.Ag., M.Ag menjadi penutup rangkaian acara wisuda tahun pelajaran 2023-2024.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*