Teladani para Waliyullah, Santri Nawaina Laksanakan ZARKASI ke 3 Kota

Kota Malang ( Ma’had Nawaina MTsN 2) Pada tanggal 23 Mei 2024, para santri Ma’had Nawaina MTsN 2 Kota Malang menyelenggarakan kegiatan ZARKASI (Ziarah wali dan Rekreasi) bagi para santrinya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri kelas 7, 8 dan 9, dengan menggunakan armada 3 bis. Berangkat dari halaman madrasah pada pukul 05.50 WIB, bus-bus yang mengangkut rombongan santri, pengurus dan paguyuban mengarah ke tiga tempat tujuan utama yakni: Makam Wahab Chasbullah dan Gus Dur di Jombang, Makam Gus Miek di Kediri, dan Wahana Rekreasi Blitar Park yang terletak di Blitar.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dan kecintaan kepada para wali Allah SWT”, kata Arif Bahtiar selaku Mudzir.

“Disamping itu, para santri bisa mengenal lebih dekat dengan para waliyullah di kota sekitar Malang dan mempraktekkan sholat jama’ ketika para santri melaksanakan perjalanan jauh’, imbuh guru Agama pada madrasah tersebut.

Selanjutnya, kepala Madrasah berpesan ke para santri yang mengikuti kegiatan ini mengambil hikmah dari perjalanan ke 3 kota tersebut. “Seorang waliyullah banyak yang mendo’an di makamnya karena di masa hidupnya berjuang di jalan Allah dan penuh semangat menjalankan syariat Agama Islam”, papar mahasiswa S3 di salah satu kampus Malang tersebut.


“Semangat dan dedikasi beliau pantas ditiru dalam menjalankan menuntut ilmu agama dan umum yang dijarkan oleh para ustadz dan ustadzah di madrasah dan ma’had’, imbuhnya.

Di setiap makam, para santri diajak untuk berdo’a, mengenang jasa para wali, dan mempelajari sejarah penyebaran agama Islam di Jawa Timur. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar santri, pengurus dan paguyuban dan membangun rasa kebersamaan.


Kegiatan ziarah dan rekreasi religi MTsN 2 Kota Malang berjalan dengan lancar dan sukses. Para santri terlihat antusias dan khusyuk dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang sejarah penyebaran agama Islam di Jawa Timur dan nilai-nilai keislaman yang penting untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 “Alhamdulillah, dengan agenda ini saya merasa sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan wawasan tentang waliyullah yang ada di Jawa Timur,” kata Ariska dari kelas 8I.

“ Wahananya seru dan ingin coba semua wahana yang ada di Blitar Park, sahut Rifat sambil meminta waktu tambahan di tempat rekreasi.

Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi para santri, tetapi juga bagi ma’had Nawaina secara keseluruhan. Ma’had Nawaina dapat menunjukkan komitmennya dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada para santrinya. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan citra ma’had Nawaina serta MTsN 2 Kota Malang di mata masyarakat.

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan ma’had Nawaina MTsN 2 Kota Malang untuk terus menanamkan nilai-nilai keislaman dan kecintaan kepada para wali Allah SWT kepada para santrinya. ( MSlim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*