Peringatan Hardiknas MTsN 2 Kota Malang, Kuatkan Silaturrahmi Antar Warga Madrasah

MTsN 2 Kota Malang – Selasa, 02 Mei 2023, berada di lapangan MTsN 2 Kota Malang, berlangsung Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional, bersama seluruh peserta didik, guru, dan karyawan, dengan memakai baju batik atau baju Nasional. Bersamaan dengan ini, saling maaf memaafkan antar peserta didik, dan antara peserta didik dengan guru dan karyawan, sebagai momen awal masuk setelah Hari Raya Idul Fitri.

Tema yang diusung dalam peringatan Hardiknas tahun ini adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Sebagai Pembina Upacara, Kepala MTsN 2 Kota Malang, Bapak H. Mokhamad Amin Tohari, S.Ag., M.PdI., dalam sambutannya menyampaikan bahwa, merdeka belajar yang sedang berlangsung ini , semakin dekat dengan cita cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat, dan potensi peserta didik, agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginyas sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. Salah satu karakter yang dibangun dalam Kurikulum Merdeka adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Dalam upacara Hardiknas ini, peserta didik berkesempatan untuk menerapkan karakter berakhlak mulia, dengan saling memaafkan sesama teman, dan dengan bapak ibu guru dan karyawan.

Ikrar Anti Kekerasan di MTsN 2 Kota Malang selalu dibaca dan ditirukan oleh peserta upacara. Salah satunya mengajak kita untuk bersama sama menolak tindakan kekerasan dan kejahatan. Di sini peserta didik belajar untuk menjadi pelopor, menjadi teladan, menjadi panutan untuk orang lain. Hal ini sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Aalamin, yaitu keteladanan / qudwah, peserta didik belajar untuk menjadi panutan, pelopor, inspirator, dan tuntunan. Sehingga dapat diartikan sebagai sikap inspiratif menjadi pelopor kebaikan untuk kebaikan bersama. (Humas).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*