MTsN 2 Kota Malang Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

MTsN 2 Kota Malang – Jumat dan Sabtu, 28 dan 29 April 2023, bertempat di Aula MTsN 2 Kota Malang berlangsung Workshop IKM / Implementasi Kurikulum Merdeka, bersama Nara Sumber Dr.H.Widayanto, M.Pd., Widya Iswara BDK Surabaya, dari pukul 07.30 sampai 14.30 WIB. MTsN 2 Kota Malang siap menerapkan Kurikulum Merdeka di Tahun Ajaran 2023/2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, KH. Achmad Shampton, S.HI., M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, guru memiliki martabat yang sudah sangat tinggi. Guru sebagai pengantar ilmu cahaya Illahi, apapun itu kurikulumnya. Bagaimana guru menyampaikan ilmu kepada siswa, baik dhohir maupun bathin, itu semua adalah Amanah Pendidikan. “ Amanah iki abote ndak karu karuan”, ungkap beliau dalam bahasa Jawa. Untuk itu beliau mengajak kepada kita semua untuk selalu memegang Amanah Pendidikan ini dengan sungguh sungguh baik dhohir dan bathin secara unggul.

Apa yang disampaikan Kepala MTsN 2 Kota Malang, dalam sambutannya, juga senada dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang. “Kita berharap di tahun ajaran baru mendatang di MTsN 2 Kota Malang sudah terlaksana Kurikulum Merdeka” ungkap H. Mokhamad Amin Tohari, S.Ag., M.PdI.

Dalam dua hari, materi yang tersampaikan sangat menarik dan seluruh peserta workshop antusias mengikuti sampai akhir. Dalam IKM terdiri dari dua bagian, yang pertama adalah Intrakurikuler. Intrakurikuler ini terdiri dari Ketrampilan dan Pengetahuan yang diberikan porsi sebesar 70-80%. Yang kedua adalah Proyek yang diberikan porsi 20-30%. Di dalam Proyek ini meliputi P5RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil “Alamin). Dalam IKM ini ditekankan bahwa Proses Belajar Mengajar dimana peserta didik mempelajari materi pelajaran berdasarkan kemampuannya, apa yang mereka sukai dan bagaimana cara belajar yang sesuai dengan karakter siswa. (Humas).

 

Referensi : 

Link Materi Kegiatan Worskshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) MTsN 2 Kota Malang dapat diakses melalui link : https://bit.ly/IKMMTsN2KotaMalang

Semoga bermanfaat 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*