Upgrade Pelaksanaan Pembelajaran, Guru Madrasah Kota Malang Ikuti Bimtek Literasi dan Numerasi

Kota Malang (MTsN 2) – Guru-guru Mapel Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPA menerima Bimbingan Teknis Pembelajaran berbasis Literasi dan Numerasi, pada Senin (3/5). Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 4 hari sejak tanggal 3 hingga 6 Mei 2021 secara daring yang dipusatkan di Aula MIN 1, MTsN 1, MAN 2 Kota Malang yang terletak di jalan Bandung.

Kegiatan yang dilaksanakan di setiap titik Kota/ Kabupaten di jenjang MI, MTs dan MA yang setiap titik diikuti 25 guru dan pengawas untuk mendampingi selama kegiatan berlangsung .

Kegiatan yang dibuka oleh Sugiyo selaku  Kasi Kurikulum dan Kesiswaan  Kemenag Jatim tersebut memiliki maksud  untuk mempersiapkan para guru-guru dalam menyongsong kegiatan AKM yang akan diberlakukan siswa kelas 5 ( MI ), kelas 8 ( MTs ) dan 11 ( MA) yang rencananya akan dilaksanakan untuk mengukur dan memetakan pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, Sugiyo menyampaikan harapannya kepada peserta Bimtek tersebut adanya perubahan pada guru guru dalam mendesain pembelajaran . “ Desain pembelajaran yang semenarik mungkin agar peserta didik kita bersemangat dalam belajar”, seru Sugiyo.

Selanjutnya Sugiyo menyarankan untuk mendesain pembelajaran didesain sesuai dengan kondisi madrasah dan sesuai psikologis dan perkembangan peserta didiknya.

Dalam kegiatan selama 4 hari tersebut diharapkan adanya produk RPP berbasi Literasi dan Numerasi antar mapel dalam satu jenjang/ kelas. Hal ini sangat baru bagi peserta Bimtek di jenjang MTs dan MA karena selama ini mereka membuat RPP tanpa berkolaborasi dengan guru Mapel lain.

Ilmu yang baru ini disampakan secara jelas oleh kedua pemateri yang sudah memiliki keahlian Literasi dan Numerasi. Beliau adalah Endah Budi Rahaju dari UNESA dan Titik Harsiati dari UM. Berkat bimbingannya mereka berdua semua peserta menghasilan RPP berbasis Literasi dan Numerasi . Hal ini dibuktikan adanya semangat para peserta Bimtek untuk mempresentasikan hasil kerja mereka di hari terakhir yang diwakili setiap jenjang dari beberapa kota di Jawa Timur.

Titik merasa bangga terhadap guru madrasah yang penuh semangat dalam mengikuti Bimtek ini dan secara ikhlas mengajar walau dalan kondisi apapun. “ Saya merasa kagum atas semangat bapak ibu semua dalam mengamalkan dan memberi contoh teladan bagi peserta didiknya sehingga mereka mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata dosen yang tinggal di Malang tersebut.

Senada dengan itu, Endah merasa berhasil dalam menyampaikan materinya, terbukti dengan antusias peserta mempresentasikan hasil mereka dalam hari terakhir Bimtek.

“ RPP yang di presentasikan sudah baik dan sangat bervariasi dan saya harapkan kontekstual seperti yang dihadapi oleh siswa,” papar Endah dengan memberi masukannya pada salah satu peserta dari MAN Jember.

Untuk tindak lanjut kegiatan Bimtek para peserta akan mendesiminasikan pada MGMP di daerahnya masing-masing untuk mengimbaskan ilmunya selama kegiatan dan didampingi oleh para Pengawas di akhir bulan Mei dan menyusun laporan untuk mendapatkan sertifikat dari penyelengga.( MSlim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*