Gebyar Pondok Ramadan, MTsN 2 Kota Malang Bekali Siswa Penguatan Keagamaan

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1442H, MTsN 2 Kota Malang menggelar serangkaian kegiatan yang dikemas dalam Gebyar Pondok Ramadan dengan tema Menguatkan Keimanan dan Solidaritas Sosial di tengah Pandemi.

Kegiatan rutin ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dan live streeming untuk kelas 9 dan 8, dan secara luring atau Pertemuan Tatap Muka Terbatas untuk kelas 7.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan, kesehatan dan keselamatan seluruh warga MTsN 2 Kota Malang di masa pandemi  Covid 19. Adapun pelaksanaan kegiatan gebyar pondok Ramadhan ini dimulai sejak tanggal 1 ramadhan untuk kegiatan Kultum qoblal Futur (Kuliah Tujuh menit sebelum berbuka puasa) hingga nanti tanggal 27 ramadhan 1442H.

Kegiatan Kultum ini untuk kegiatan pondok ramadhan online melalui zoom meeting dan live streaming bagi kelas 9 dan 8 dilaksanakan mulai tanggal 19-23 April 2021/7-11 Ramadhan 1442H mulai pukul 08.00 sd 10.00 WIB.

Bagi kelas 7 yang melaksanakan secara langsung tatap muka terbatas di madrasah dipusatkan di Masjid Al Ikhlas MTsN 2 Kota Malang, mulai tanggal 19-29 April 2021/7-17 ramadhan 1442H mulai pukul 08.00 sd 11.00 WIB.

Peserta didik yang mengikuti pondok Ramadhan secara PTMT ini harus mengikuti protokoler kesehatan sebelum masuk lingkungan Madrasah. Memakai masker, cuci tangan, memakai hand sanitizer, pengecekkan suhu badan dan sterilisasi di bilik disinfektan  yang sudah disediakan Madrasah.

Selain itu Peserta didik yang hadir ke madrasah harus sudah mendapatkan ijin dari orang tua mereka untuk mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas.

Materi dalam kegiatan pondok ramadhan adalah thaharah, shalat, puasa dan zakat yang disampaikan oleh bapak ibu guru PAI MTsN 2 Kota Malang secara terjadwal bergantian.

Sebelum materi anak anak diajak tadarus dan shalat dhuha bersama bapak ibu guru pembina. Adapun pemateri Kultum qoblal futur selain guru PAI juga melibatkan bapak Kepala Madrasah dan beberapa guru yang kompeten di bidang agama.

Materi yang disampaikan adalah marhaban ya Ramadhan, pahala Ramadhan dilipatgandakan, perkara yang membatalkan puasa, keutamaan membaca Al Qur’an, contoh akhlaqul Karimah, membiasakan berbahasa santun, manfaat Puasa bagi Kesehatan, tokoh Islam, Nuzulul Qur’an, Qiyamul Lail, Zakat Fitrah, Hikmah Puasa dalam bidang sosial, Lailatul Qodar dan Halal bilhalal.

Serangkaian kegiatan gebyar ramadhan lainnya adalah pengumpulan dan pendistribusian Zakat infaq dan shadaqah. Madrasah menghimbau peserta didik untuk membayarkan zakat, infaq dan shadaqahnya di madrasah untuk disalurkan kepada yang berhak atau Mustahiq zakat.

Adapun pendistribusiannya diberikan kepada peserta didik dan karyawan MTsN 2 Kota Malang yang tidak mampu, Warga masyarakat sekitar Madrasah, panti asuhan nurul izzah, baitul makmur, al hikmah dan Assidiqi Asy-Syuhada serta Qoryah Sakinah desa binaan kantor Kementerian Agama Kota Malang. Sedangkan untuk infaq shadaqoh di salurkan untuk pembangunan masjid Al Ikhlas MTsN 2 kota Malang .

Kegiatan Gebyar Ramadhan ditutup pada tanggal 29 April 2021 bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan oleh Kepala Madrasah dan sekaligus acara peringatan Nuzulul Qur’an dan pembagian zakat.

Kegiatan ini diawali dengan khotmil Qur’an oleh guru dan karyawan MTsN 2 Kota Malang secara online dan offline dan ditutup dengan do’a khotmil Qur’an. Dalam penutupan kegiatan gebyar Ramadhan ini diberikan penghargaan sertifikat dan hadiah kepada peserta didik yang terbaik, aktif dan rajin dalam mengikuti kegiatan Gebyar Ramadhan.

Kegiatan Pondok Ramadan MTsN 2 Kota Malang berlangsung lancar sesuai rencana. Tema kegiatan menguatkan Keimanan dengan dan Solidaritas Sosial di Tengah Pandemi telah terealisasi melalui serangkaian kegiatan. Kegiatan Kultum Qoblal Futur dan pondok ramadhan diharapkan dapat menguatkan keimanan peserta didik dan kegiatan zakat shadaqah menumbuhkan rasa solidaritas di masa pandemi ini. (*)

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/345424/gebyar-pondok-ramadan-mtsn-2-kota-malang-bekali-siswa-penguatan-keagamaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*