Kota Malang (MTsN 2)- Remaja masjid (Remas) merupakan salah satu organisasi siswa yang berkecimpung dalam bidang keagaamaan. Mulai dari menyusun, memandu, hingga pelaksana kegiatan kegamaan di dalam maupun di luar masjid, misalnya menyusun jadwal kutum santri dan mengumpulkan amal jariyah siswa. Senin siang (30/4), Remas MTsN 2 Kota Malang mulai laksanakan salah satu program unggulan madrasah, yaitu ngaji kitab kuning.

Menurut Ustad Arif Bahtiar, kegiatan ngaji kitab kuning ini mempunyai tujuan untuk memperkenalkan kitab kuning sebagai cikal bakal pendirian ma’had. Selain itu, juga merupakan tindak lanjut penyusunan kurikulum ma’had, sebagai bentuk realisasi dari pelaksaan workshop yang beliau ikuti di Surabaya beberapa bulan lalu. Kegiatan yang dirintis oleh tim PAI ini menggunakan perpaduan model pembelajaran salafiyah dan modern. Kitab yang dikaji meliputi Fathul Qarib, Shahih Muslim, dan Akhlaqu Lil Banin.

Kegiatan yang dilaksanakan sekitar 30 menit setelah jam pulang ini, menjadi rutinitas setiap hari Senin. Diikuti sekitar 10 anggota Remas terpilih. Syarat yang ditentukan untuk dapat mengikuti kegiatan ini yaitu lancar membaca dan menulis Al-Qur’an, terbisa mengikuti kegiatan keagamaan di lingkungan (terbiasa membaca tahlil, burdah, menjadi bilal, atau muadzin dalam sholat jum’at), serta aktif dalam kegiatan di madrasah. (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/505331/remaja-masjid-mtsn-2-kota-malang-ngaji-kitab-kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.