Laksanakan Ponram 3 Hari, Siswa Santap “Sabu” Bersama.

Malang (MTsN 2 Kota Malang) – Pondok Ramadan (Ponram) merupakan kegiatan yang berkaitan erat dengan kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan. MTsN 2 Kota Malang juga turut serta menyambut bulan Ramadhan dengan mengadakan kegiatan Ponram selama 3 hari, yakni Selasa-Kamis (5–7/4/2022). Kegiatan Ponram di tahun ini menggunakan metode islami modern yang mengusung tema “Ramadhan Menguatkan Karakter Siswa sebagai Muslim Rahmatan Lil Alamin dan Membangun Kebersamaan Menuju Madrasah Religius Milenial dan Mandiri Berprestasi”, yang diharapkan dapat membentuk karakter siswa dengan mengutamakan nilai keagamaan dan kemandirian. 

Ponram kali ini berbeda dengan ponram biasanya dimana ponram ini dibagi menjadi 2 tipe yaitu tipe A dan tipe B. Tipe A dilaksanakan dengan menginap di Ma’had MTsN 2 Kota Malang selama 3 hari yang diikuti oleh 85 siswa dan siswi MTsN 2 Kota Malang, sedangkan tipe B dilaksanakan dari pagi sampai sore di madrasah dengan beberapa rangkaian kegiatan keagamaan. Program menginap di Ma’had ini menjadi hal yang baru dalam kegiatan Ponram di MTsN 2 Kota Malang sekaligus dilakukan untuk uji coba Ma’had yang baru saja diresmikan pada bulan Maret lalu. Hal tersebut mendapatkan respon positif, baik dari siswa maupun wali murid. 

“Antusiasme siswa ditunjukan dengan tibanya para siswa  ke Ma’had lebih awal dari yang dijadwalkan. Ada yang berpamitan dengan membawa keluarganya sebelum memulai kegiatan ponram selama 3 hari tersebut. Wali murid juga mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan ponram dengan program menginap di Ma’had diadakan lagi di tahun berikutnya,“ ujar Arif Bachtiar selaku Ketua Panitia Pondok Ramadhan MTsN 2 Kota Malang. 

Banyak agenda yang dilaksanakan selama kegiatan Ponram tipe A di MTsN 2 Kota Malang ini, salah satunya yakni “Sabu” (Sahur dan Berbuka) bersama dengan menerapkan nilai keislaman.

Arif Bachtiar menyebutkan bahwa kegiatan sahur dan berbuka bersama selama kegiatan Pondok Ramadan semua berciri khas Islam, yang mana saat sahur diawali dengan sholat tahajud berjamaah  lalu sahur bersama, dilanjutkan dengan berbuka yang membiasakan siswa dengan ajaran Islam.

Kegiatan ponram di Ma’had yang diikuti oleh 85 siswa/siswi MTsN 2 Kota Malang ini menjadi kegiatan yang berkesan bagi siswa/siswi di MtsN 2 Kota Malang. Pasalnya, selama Pondok Ramadan ini tidak hanya kegiatan yang berkaitan dengan nilai keagamaan saja, tetapi juga kegiatan yang berkaitan dengan kemasyarakatan atau yang disebut dengan muhadhoroh ammah, seperti pidato dan membaca puisi di akhir kegiatan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa. 

“Saya berharap para siswa dapat menambah pengetahuan, pengalaman, praktik ilmu agama, dan juga menjadi siswa yang berakhlakul karimah, serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah kegiatan Pondok Ramadan ini,“ ucap Bapak Subhan selaku kepala Madrasah MTsN 2 Kota Malang.

Suksesnya kegiatan Ponram MTsN 2 Kota Malang dengan program baru yakni menginap di Ma’had ini membawa harapan baik dari Kepala MTsN 2 Kota Malang, tutup Dr. H. Subhan, S.Pd., M.Si. ( AM UM )

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*