Kota Malang (MTsN 2) – Sabtu (9/2), anggota OSIS dan remas MTsN 2 Kota Malang dengan antusias ikuti kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa). Keempat puluh lima siswa tersebut terdiri dari perwakilan kelas VII dan VIII. Pembukaan LDKS dihadiri oleh  Kepala MTsN 2 Kota Malang beserta wakil pimpinan dan Kepala Tata Usaha MTsN 2 Kota Malang. Dalam sambutannya ia menyampaikan motivasi bahwa masing-masing individu adalah pemimpin, paling tidak pemimpin bagi dirinya sendiri. Untuk itu, sangat penting bagi peserta LDKS menumbuhkan rasa tanggung jawab mengingat mereka adalah contoh pemimpin di lingkungan sebayanya, siswa-siswi MTsN 2 Kota Malang.

Menjadi seorang pemimpin tentunya harus dibekali dengan berbagai pengetahuan dan kreativitas yang mumpuni. Untuk itu, pada LDKS ini peserta disuguhkan dengan berbagai materi dan keterampilan. Materi tersebut mulai dari PBB, teknik pengambilan keputusan dan retorika, kepemimpinan, wawasan tentang OSIS, teknik surat menyurat dan protokoler organisasi kehumasan, teknik pembuatan proposal dan laporan, hingga workshop penyusunan rencana kerja OSIS 2018/2019.

Pada materi retorika yang disampaikan oleh Mariana Yogawati, selaku Waka Kurikulum MTsN 2 Kota Malang, peserta LDKS belajar tentang seni berpidato yang bombastis. Tidak hanya menerima materi, secara berkelompok peserta LDKS berkesempatan untuk praktik membuat dan menyampaikan himbauan-himbauan terkait kegiatan madrasah. Alhasil, dengan permainan putar kardus mengikuti durasi lagu, kelompok ketiga dengan tema kesadaran diri untuk sholat berjamaah berkesempatan menyampaikan himbauannya untuk pertama kali. Disinilah keterampilan berbicara dan keberanian peserta LDKS dilatih. (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/510568/osis-dan-remas-mtsn-2-kota-malang-ikuti-latihan-dasar-kepemimpinan-siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.