Kota Malang (MTsN 2) – Kamis (26/04), perpustakaan MTsN 2 Kota Malang tidak hanya koleksi buku sastra karya sastrawan terkenal, tapi juga koleksi buku sastra karya siswa (bisa jadi calon satrawan selanjutnya). Salah satu buku karya siswa yang dapat dinikmati pembaca di perpustakaan yaitu buku kumpulan cerpen berjudul Cinta yang Terpendam. Buku ini merupakan salah buku kumpulan cerpen kelas 8 tahun ajaran 2017/2018.

Menulis cerpen dijadikan tugas akhir mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 8. “Dalam pembelajaran berbasis proyek ini, guru mendampingi siswa dalam proses pembuatan cerpen. Untuk setiap paragrafnya, siswa dapat berkonsultasi, dan memperoleh saran tentang cara penulisannya. Nantinya karya ini juga bisa menjadi kebanggaan siswa sebagai produk nyata” jelas Riyono, guru bahasa Indonesia sekaligus menggagas ide Sabusalas (satu buku untuk satu kelas) di MTsN 2 Kota Malang.

Proyek yang mencetak karya siswa ini disambut baik oleh pihak madrasah. Bentuk apresiasi dari kepala MTsN 2 Kota Malang juga pernah termuat dalam surat kabar Radar Malang tanggal 24 Mei lalu. Produk buku karya siswa memang telah berjalan sejak beberapa tahun belakangan, dengan harapan semoga setiap tahunnya koleksi buku perpustakaan karya siswa semakin bertambah. (ha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.