Kota Malang (MTsN 2)- Komik adalah cerita bergambar yang umumnya mudah dicerna dan lucu. Membuat komik merupakan salah satu praktik pembelajaran seni budaya yang diterapkan di MTsN 2 Kota Malang. Lebih tepatnya bagi kelas peserta didik 8 di semester 2.

Namun, berbeda dari biasanya, kali ini Ferika (guru mata pelajaran seni budaya) menginstruksikan kepada peserta didik untuk membuat komik di kertas dasar warna hitam. Secara otomatis media yang digunakan untuk menggambar juga berbeda. Kertas warna dasar hitam kurang sesuai jika dipadukan dengan krayon ataupun pensil warna. Jadi beliau menyarankan untuk memakai spidol paint marker metalik.

Selain itu, ketika menggambar di kertas dasar warna hitam, peserta didik harus lebih berhati-hati. Sebab ketika tidak sengaja muncul coretan yang salah, cara menghapusnya tidak lagi menggunakan penghapus pensil ataupun pulpen. Peserta didik harus menimpalinya dengan spidol warna hitam.

Kriteria penilaian yang ditentukan meliputi kreativitas, kesesuain isi, keserasian warna, dan kerapian. Sebagai bentuk apresiasi, komik terbaik akan dipajang di mading madrasah. Alhasil, Jum’at (06/04) komik karya Adellia Nadia Rotul dengan judul “Kenangan” dan Aulia Rizqia berjudul “Obat Anti Flu” telah dapat dibaca di mading MTsN 2 Kota Malang. (Ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/504869/mading-mtsn-2-kota-malang-pajang-komik-berjudul-kenangan-dan-obat-anti-flu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.