Kreatif, Alat Musik Kontemporer Botol Plastik Bunyikan Shalawat Badar untuk Sambut Ramadhan 1445 H

Kota Malang – Jumat (08/03/24) pukul 07.00 pagi hari cerah dengan nuansa putih melambangkan kesucian dan kebersihan mewarnai Lapangan MTsN 2 Kota Malang. Seluruh warga madrasah secara serempak berkumpul di lapangan dalam acara Kirab Menyambut Ramadhan dan Lomba Patrol Shalawat Badar. Acara diawali dengan shalat dhuha berjamaah di Masjid Al-Ikhlas MTsN 2 Kota Malang, dilanjutkan dengan apel pemberangkatan kirab. Maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menggugah dan mengingatkan kembali kepada kita semua umat Islam khususnya keluarga besar MTsN 2 Kota Malang untuk meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT sekaligus evaluasi dan koreksi perjalanan kita selama 11 bulan lalu,” ungkap Purwahyudi, S.Ag. M.Pd selaku ketua pelaksana.

Acara tersebut berjalan dengan sangat meriah, karena banyak iringian musik yang dimainkan mulai dari banjari, angklung, botol palstik bekas yang melantunkan bunyi-bunyi bacaan shalawat. Adapun urutan barisan kirab yaitu: Babinsa Wilayah Cemorokandang, pengawal kirab kendaraan bermotor roda tiga dengan terpasang bendera merah putih dan madrasah, musik banjari, barisan peserta didik kelas putri, musik angklung, disusul barisan terakhir peserta didik kelas putra. Pemberangkatan kirab dibuka apel dan diberangkatkan langsung oleh Kepala MTsN 2 Kota Malang Mokhammad Amin Tohari, S.Ag., M.PdI. Pada saat apel pemberangkatan beliau mengajak kepada seluruh peserta kirab“ Jaga diri saat di jalan, jaga nama baik madrasah, tetap berbuat arif dan sopan tunjukkan bahwa kalian adalah siswa madrasah santun terpelajar.” Beliau juga menambahkan, “Mari sambut Ramadhan ini dengan tekat untuk memperbaiki dan mensucikan diri, ” ujarnya. Peserta Kirab Menyambut Ramadhan dan Lomba Patrol Shalawat Badar ini diikuti seluruh peserta didik terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX dengan didampingi wali kelas. 

Setalah perjalanan kirab dilanjutkan dengan Lomba Patrol Shalawat Badar. Keseluruhan peserta lomba sangat antusias, animo masing-masing peserta kelas sangat tinggi semuanya ingin menampilkan yang terbaik. Kreasi dan kreatifnya mulai dari: adab kesopanan, kostum dan aksesoris yang dikenakan, kekompakan pola lantai dan formasi, kreatifitas permainan alat, harmoni alat dan suara. Suara didentingkan dari alat-alat musik yang digunakan sangat heboh, ada yang menggunakan botol plastik bekas dengan diisi beras atau pasir, gelas atau botol kaca dengan sendok, alat kentongan bambu dsb. Alat yang digunakan tersebut menghasilkan suara musik Shalawat Badar yang indah karena dimainkan dengan kompak, kreatif, dan benar. Keserasian bunyi dan irama Shalawat Badar ini sontak membuat penonton dan dewan juri kagum, betapa tidak botol bekas dan alat kontemporer lain menghasilkan bunyi lantunan shalawat yang merdu. Kegiatan lomba ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang perjenjang kelas dengan juara 1, 2, dan 3. Dengan para pemenang antara lain; kelas VII: juara 1 VII-A, juara 2 VII-, dan juara 3 VII-G. Kelas VIII: juara 1 VIII-H, juara 2 VIII-G, dan juara 3 VIII-E. Kelas IX: juara 1 IX-A, juara 2 IX-I, juara 3 IX-D.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*