Guru Profesi Mulia, Meski Diibaratkan Seorang Pelayan tapi harus Tetap Semangat dan Selalu Bersyukur

Kota Malang- Jumat (08/03/2024) siang menjelang sore di saat diguyur hujan deras pukul 13.00 seluruh GTK ASN dan Non ASN MTsN 2 Kota Malang memenuhi aula madrasah dalam acara Doa Bersama menyambut datangnya Bulan Ramdhan 1445H. Kegiatan di Aula MTsN 2 Kota Malang tersebut diawali dengan kirim doa ahli kubur yang dibacakan oleh Arif Bahtiar, S.Ag., M.Ag serta bacaan tahlil yang dipimpin oleh Muslihan, S.Ag.

Doa bersama dilaksanakan secara langsung dibuka terlebih dahulu dengan sambutan Kepala MTsN 2 Kota Malang Mokhamad Amin Tohari, S.Ag., M.PdI, kemudian dilanjutkan diisi mauidhoh hasanah oleh KH. Lukman Hakim Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Ngashor Bakalan – Bululawang Kabupaten Malang. Dalam tausiyahnya kyai yang akrab dipanggil dengan Kyai Lukman ini banyak memberikan nasihat kepada seluruh GTK ASN dan Non ASN. Beliau menuturkan sebagai hamba Allah SWT kita wajib banyak berterima kasih kepada Allah SWT sebagai wujud terima kasihnya adalah selalu bersyukur. Bentuk wujud syukur selalu taat beribadah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Kyai Lukman juga menambahkan sebagai hamba yang bertaqwa wujud syukur juga dilaksanakan dengan sepenuh hati dan merasakan bahwa seluruh nikmat yang diperoleh adalah semata-mata anugerah dan kemurahan Ilahi.

 Pengasuh Bumi Ngashor kemarin juga memaparkan guru merupakan profesi mulia yang bertugas mendidik, membimbing, mengarahkan anak didik ke jalan kebaikan. Guru juga sebagai pelanjut perjuangan Rasullah SAW yang diibaratkan sebagai pelayan, meski diibaratkan sebagai pelayan guru harus tetap semangat dan selalu bersyukur karena melayani anak didik. Beliau juga menandaskan wujud syukur yang dilakukan oleh guru yaitu: mengajar dengan ikhlas, melakukan dengan sepenuh hati mencari ridhah Allah SWT, misalnya dengan tidak meremehkan orang lain saling menghargai dan menghormati, tidak gampang marah, kecil hati, benci, iri dengki, apalagi sampai meremehkan kemampuan orang lain baik kepada siswa maupun guru.

Kyai Lukman yang lebih dikenal dengan kyai gaul ini juga mengajak seluruh hadirin pada saat bekerja apalagi di bulan Ramadhan nanti “Marilah kita bekerja dengan Ikhlas, mengajar dengan Ikhlas, jika kita melakukan dengan Ikhlas maka keberkahanlah yang akan kita dapatkan. Dengan keikhlasan yang kita miliki maka Allah akan memberikan keberkahan kepada keluarga, suami/istri, dan anak-anak serta anak didik kita dijadikan anak-anak sholih dan sholihah hingga mencapai sukses dunia akhirat” itulah ajakan beliau di akhir acara yang ditutup dengan doa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*