Memuliakan Al Qur’an, MTsN 2 Kota Malang Laksanakan Khotmul Qur’an dan  Imtihan Juz 30, 29,1, dan 2

Malang, 16 Maret 2023

MTsN 2 Kota Malang – Alhamdulillah pada Kamis, 16 Maret 2023 di Masjid Al Ikhlas MTsN 2 Kota Malang, telah terlaksana Prosesi Imtihan dan Khotaman Al Qur’an Metode UMMI MTsN 2 Kota Malang Tahun Pelajaran 2022 – 2023 dengan lancar dan sukses. Berkat adanya dukungan dari pihak Madrasah, Guru dan Orang tua,

Imtihan dan Khotaman merupakan bentuk rasa syukur dan pelaporan secara langsung dan nyata kualitas hasil pembelajaran Al Qur’an siswa-siswi MTsN 2 Kota Malang kepada orang tua wali murid. Alhamdulillah MTsN 2 Kota Malang bisa melaksanakan kegiatan Khotaman dengan meluluskan 102 peserta tingkat kategori Tartil, Juz 30, Juz 29, Juz 1, dan Juz 2. Peserta Khataman telah melewati 2 kali tes yaitu Pra Munaqosyah dan Munaqosyah.

Acara dimulai dengan pembukaan dan prosesi Khataman. Prosesi Khataman merupakan kegiatan membaca Al Qur’an secara bersama-sama oleh seluruh peserta dimulai dari Qs. Al Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek juz 30 Qs. At Takatsur sampai dengan Qs. An Naas, kemudian Qs. Al Fatihah dan Qs. Al Baqarah ayat 1-5, dan ditutup dengan doa Khotmil Qur’an.

Setelah itu sambutan sekaligus laporan dari Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang yang terhormat oleh Bapak H.Mokhamad Amin Tohari, M.Pd.i. Dalam sambutannya beliau menyampaikan,” Selamat kepada para siswa yang diwisuda dan semoga program UMMI semakin banyak mencetak hafidz dan hafidzah”. Disusul kemudian sambutan dari Manager Penjamin Mutu UMMI daerah Kota Malang yang terhormat Ustadz H. Abdul Karim, M.Pd.I. Acara selanjutnya yaitu acara inti yakni Prosesi Imtihan dan Uji Public yang di pandu langsung oleh Manager Trainer Ummi Daerah Kota Malang yang terhormat Ustadz Arga Prasetyo. Disinilah peserta Khotaman dan Imtihan di Uji baik oleh Ustadz Arga langsung maupun oleh orangtua dan guru, Alhamdulillah setiap peserta yang ditanya bisa menjawab dengan benar, lancar dan lantang .

Kemudian pada penghujung prosesi imtihan seluruh peserta diberikan waktu untuk menemui kedua orang tua masing-masing untuk meminta doa restu agar menjadi anak yang sholeh dan sholihah, sukses, dunia akherat. Mendadak seisi ruangan menjadi suasana yang mengharu biru. Para peserta khataman menangis dalam pelukan orang tuanya masing-masing. Permohonan doa restu para peserta kemudian disambut para orang tua dengan pelukan kasih sayang dan pesan-pesan motivasi agar ilmu yang telah diperoleh menjadi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain di kemudian hari

Sambutan di penghujung acara di sampaikan oleh tamu kehormatan yaitu oleh yang terhormat Kepala  Kantor Kemeterian Agama Kota Malang, Bapak Dr.H. Muchtar Hazawawi, M.Ag. Beliau menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa, dengan harapan program ini terus berlanjut. Beliau menyampaikan bahwa, setiap siswa yang hafal Al Qur’an akan mendapatkan prioritas ketika melanjutkan jenjang pendidikan ke Madrasah Aliyah, karena Kementerian Agama Kota Malang telah menbuka PPDB Jalur Tahfidz. Di susul kemudian testimoni oleh wali santri dalam hal ini di sampaikan oleh beliau Bapak Sony Darmawan, M.Pd. yang mana beliau adalah Kepala Sekolah dari SD Muhammadiyah 9 Kota Malang.

Sebagai pamungkas acara, doa penutup di sampaikan oleh Waka Sarpras MTsN 2 Kota Malang yaitu yang terhormat Bapak Purwahyudi, M.Pd.I.

Akhirul kalam kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi pada acara Khotaman dan Imtihan MTsN 2 Kota Malang tahun ini, sehingga acara bisa berjalan dengan lancar (Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*