Lengkapi Syarat Kelulusan, Siswa MTsN 2 Kota Malang Laksanakan UPRAK

Kota Malang ( MTsN 2 Kota Malang ) Mulai Senin (21/3) sampai Sabtu  (26/3) seluruh siswa kelas 9 pada MTs Negeri 2 Kota Malang menyelenggarakan ujian praktek sebagai salah satu syarat kelulusan dari beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh bidang kurikulum dalam tahun ini. Pelaksanaan ujian praktek dibuat dan  diselenggarakan dengan pengaturan jadwal pada beberapa mata pelajaran yang di uji praktek-kan. Materi ujian praktek sesuai dengan Kompetensi Inti (KI)  dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai Kurikulum tahun 2013. Ujian Praktek diikuti oleh seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 207 siswa. Tempat pelaksanaan ujian menyesuaikan mata pelajaran, ada yang di ruang kelas, di laboratorium, aula, masjid, dan tempat lainnya. 

            Ujian Praktek sendiri adalah kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu yang lebih menekankan pada psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik. Pelaksanaan ujian praktek dilakukan dengan tujuan untuk :  mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan, juga mempertanggungjawabkan pelaksanaan pembelajaran, kecakapan dan keterampilan peserta didik selama menempuh pendidikan di MTs Negeri 2 Kota Malang.

           Zidan, salah satu siswa yang melaksanakan ujian praktek PAI mengungkapkan perasaannya saat memperlalukan manekin karena ujiannya sholat jenazah di masjid madrasah. “ Seru juga membungkus boneka dalam kain kafan, beda dengan teori di dalam kelas”, kata siswa kelas 9B. Semetara itu, ketua Ujian Praktek, Mursydi, saat ditemui menjelaskan secara detail terkait program ujian praktek. “ Setiap guru mapel sebelum melaksanakan ujian praktek membuat kisi-kisi ujian untuk dipelajari oleh para siswa agar mereka bisa mempersiapkan”, ujar guru PAI pada madrasah tersebut.

           Muslimin, selaku waka kurikulum menjelaskan bahwa ujian praktek tersebut memberi kesempatan siswa untuk mendapatkan nilai terbaik dan bisa menambah nilai mereka sebagai salah satu syarat kelulusan. “ Selain nilai tes tulis berupa Ujian Madrasah dan nilai raport semester 1 s/d 6, ujian praktek juga menjadi salah satu penentu kelulusan”, tambah guru bahasa Inggris.

Pengambilan nilai  ujian praktek memiliki fungsi yaitu sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah,  umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran di madrasah,  alat pengendali mutu pendidikan dan juga sebagai pendorong peningkatan mutu pendidikan pada madrasah. “Pengambilan nilai ujian praktek adalah upaya maksimal madrasah dalam membuat penilaian kelulusan yang holistik,” jelas Waka Kurikulum MTsN 2 Kota Malang, Muslimin.

Sementara itu, Subhan selaku Kepala Madrasah yang terletak di Jalan Raya Cemorokandang no. 77 saat ditemui di Mini Hall Mahad Putra mengapresiasi kegiatan ujian praktek secara tatap muka dan daring. “Madrasah kami masih melakukan pembelajaran secara tatap muka menuju 100% dan khusus minggu ini agenda ujian praktek, dan Penilaian Akhir Periodik (PAP) 2 bagi siswa yang mengikuti program percepatan 2 tahun dan khusus PTS dilaksanakan secara daring, imbuh kepala yang sudah memimpin marasah ini selama 2 periode.         

(msl)

2 Comments

  1. Tetap maju dan sukses MtsN 2 kota malang dan menghasilkan siswa siswi yg berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*