MTsN 2 Kota Malang Dukung GASS di Hari Peduli Sampah Nasional 2020

Kota Malang (MTsN 2)- Minggu, 01 Maret 2020, Alun – alun Kota Malang mendadak riuh di jejali ratusan masyarakat yang datang dari berbagai kalangan, termasuk warga MTsN 2 Kota Malang. Selain dari kalangan pelajar tingkat MI / SD sampai MA / SMA datang juga dari kalangan penggiat lingkungan, penggiat adiwiyata, akademisi, bahkan dari organisasi – organisasi sosial yang datang ikut serta mendukung GASS (Gerakan Angkat Sampah Sedimen ) di hari Peduli Sampah Nasional 2020.

            Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, dengan ketua pelaksana Agus Subali, selaku sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang. “ Kegiatan ini menjadi agenda tahunan di Kota Malang. Berharap bahwa warga semakin paham dan peduli terhadap permasalahan penanganan sampah, khususnya di Kota Malang “, ungkap Sutiadji, Wali Kota Malang saat membuka acara tersebut.

            Tepat pukul 07.00, kegiatan dimulai. Ada 4 kegiatan, yaitu GASS ( Gerakan Angkat Sampah Sedimen ) di alun – alun dan sekitarnya, melukis tong sampah, membuat kerajinan daur ulang, dan fashion show baju daur ulang. “ MTsN 2 Kota Malang sebagai salah satu madrasah penggiat lingkungan tak ingin ketinggalan dalam menyukseskan acara tersebut. Kami menggerakkan siswa siswi kader lingkungan Matsanda untuk turut berpartisipasi dalam acara ini “ ungkap Riyono, selaku Pembina BSM ( Bank Sampah Mandiri MTsN 2 Kota Malang, didampingi oleh Waka Humas.

            MTsN 2 Kota Malang adalah satu – satunya madrasah yang menjadi anggota HPAI ( Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia ) Kota Malang yang ikut aksi tersebut. Kegiatan GASS diawali dengan menyisir sampah di area alun – alun Merdeka, dilanjutkan di wilayah Kauman dan Jl. K.H. Agus Salim. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan fashion show baju daur ulang dan pembuatan kerajinan. MTsN 2 Kota Malang mengikuti 3 fashion show ( Avril, Chilmi, Shalsa ), dan 1 kerajinan daur ulang ( Arinda ).

            “ Kita harus memberikan wawasan dan pendidikan pada anak – anak untuk mencintai lingkungan, Agar mereka tahu, sangat banyak orang – orang yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Seharusnya menjaga dan merawat lingkungan sudah menjadi gaya hidup dan budaya bagi pelajar dan juga masyarakat “ ungkap Erna, selaku Waka Humas MTsN 2 Kota Malang.

            Dalam kesempatan itu, panitia berharap semakin banyak peserta yang terlibat dalam acara ini pada tahun mendatang, karena betapa pentingnya edukasi tentang lingkungan. Kebiasaan menjaga dan merawat lingkungan harus menjadi virus positif yang dapat menular pada seluruh lapisan masyarakat. (EDK)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*