Capacity Building For Low Carbon MTsN 2 Kota Malang

Kota Malang ( MTsN 2 ). Alhamdulillah, di awal tahun 2020 ini, Bank Sampah Armatsanda MTsN 2 Kota Malang telah tergabung dalam HPAI ( Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia ). Meskipun MTsN 2 Kota Malang masih dalam proses memasuki sekolah adiwiyata, namun dapat diterima sangat baik di komunitas HPAI tersebut. Hal ini karena MTsN 2 Kota Malang sangat antusias dan aktif mengikuti program – program HPAI Kota Malang.

Hari Rabu, tanggal 19 Februari yang lalu , MTsN 2 Kota Malang diundang mengikuti workshop yang bertema “ CAPACITY BUILDING FOR LOW CARBON “ yang diselenggarakan oleh HPAI, bertempat di SMKN 4 Kota Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 60 lembaga pendidikan tingkat SMP dan SMA atau sederajat yang ada di kota Malang. Workshop ini membicarakan tentang kandungan Karbon udara dan pentingnya kualitas udara terhadap kesehatan manusia.

“ Sangat penting untuk mengetahui kandungan Karbon udara yang ada di sekitar madrasah, karena kualitas udara sangat menentukan kesehatan warga madrasah “ ungkap Riyono, Pembina ekskul Bank Sampah Armatsanda. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah terbentuknya “ Jejaring Pemantauan Kualitas Udara” dengan tujuan memberikan informasi kualitas udara di tempat masing-masing  secara berkala. Dengan begitu, dapat memiliki data akurat untuk mengendalikan pencemaran udara di kota Malang. Pembentukan jaringan ini didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, ASEAN SDGs, dan JAPAN-ASEAN COOPERATION.

                Diakhir workshop, seluruh instansi pendidikan peserta workshop diberikan alat detector kualitas udara. Tugas masing – masing instansi melaporkan kondisi udara setiap hari secara on line ke situs / Web Jejaring Pemantauan Kualitas Udara, yaitu http://aremaclimatecare.org “ Adapun kualitas udara di MTsN 2 Kota Malang kelembaban udara berkisar 40 – 85 % RH, kandungan Carbon berkisar 30 – 50 µg/m3 , dan suhu udara berkisar 24-28 0C, Kondisi ini sangat normal, memenuhi persyaratan  kualitas udara yang baik, terhindar dari pencemaran udara” ungkap Erna, Waka Humas MTsN 2 Kota Malang. (EDK).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*