Kota Malang (MTsN 2) – ESQ (Emotional Spiritual Quotient) merupakan gabungan antara pengendalian kecerdasan, emosi, dan spiritual. Kegiatan yang dilakukan pada Sabtu (24/03) pagi ini akan memberikan dampak positif bagi siswa kelas IX MTsN 2 Kota Malang. Seperti pada umumnya, ESQ akan dapat mengerahkan seluruh kekuatan tersebut untuk menciptakan pembaharuan dalam kehidupan agar siap menhadapi tantangan.

Tantangan yang akan dihadapi oleh siswa kelas IX adalah ujian kelulusan, baik UAMBN, UNBK, dan USBN. Untuk itu, motivasi yang ada dalam diri siswa pun harus ditingkatkan. Mengingat usaha dan hasil yang baik tentunya diawali dengan niat atau tekad yang kuat dari dalam diri.

Motivasi untuk terus semangat belajar pada diri siswa tentunya berasal dari berbagai faktor. Ada yang motivasi tersebut muncul dari diri sendiri, keluarga, atau pun lingkungan sekitar (misalnya teman). Dari ketiga sumber motivasi yang telah disebutkan, keluarga memegang peranan yang sangat penting. Tentu saja, pendidikan pertama yang diterima oleh seorang berasal dari keluarga. Lebih spesifiknya dari seorang ibu. Untuk itu, sangat lumrah jika ESQ kali ini pun mengangkat topik ibu sebagai cambuk motivasi para siswa.

“Ibu adalah sosok yang hebat. Selalu mendahulukan kepentingan anak daripada kepentingannya sendiri. Sesampainya di rumah saya akan meminta maaaf kepada ibu atas semua kelasalahan saya dan berusaha menjadi lebih baik lagi, mengikuti nasehat beliau,” ucap Fisca usai mengikuti materi yang disampaikan oleh Dwi Iriyani dari Mata Hari Care Center. (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/504599/mtsn-2-kota-malang-tingkatkan-motivasi-melalui-esq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.