Kota Malang (MTsN 2) – Kamis (08/02), kegiatan belajar mengaji siswa MTsN 2 Kota Malang tampak berlangsung dengan santai, tapi tetap serius. Meski kegiatan berlangsung di siang hari sepulang sekolah, tidak mengurangi antusias keempat puluh dua siswa tersebut dalam mengikuti bimbingan membaca Al-Qur’an. Muncul suasana baru bagi siswa (terpilih berdasarkan hasil tes BTQ) ketika bukan bapak ibu guru yang membimbing, melainkan ustaz dan ustazah dari metode bimbingan belajar mengaji Ummi.

Kegiatan yang dijadwalkan pada hari Rabu dan Kamis tersebut, terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama bagi siswa yang kategori kurang, kelompok kedua kategori lumayan, dan kelompok ketiga bagi siswa yang masuk dalam kategori lancar, tapi belum tepat makhrajnya dalam membaca Al-Qur’an. Setiap kelompok dimentori oleh satu orang ustaz atau ustazah. Target yang diusahakan, dalam kurun waktu satu tahun bimbingan seluruh siswa telah mahir membaca Al-Qur’an dengan tepat.

Bertolak pada hasil tes BTQ saat PPDB tahun 2017, madrasah menginginkan dan mengusahakan agar seluruh lulusan MTsN 2 Kota Malang mahir mengaji. Kedepannya, madrasah mencanangkan program hafalan Al-Qur’an (surah-surah tertentu) sebagai syarat mengikuti ujian. “Harapan kami, selaku bapak ibu guru, menginginkan yang terbaik bagi siswa. Sesuai harapan orang tua bahwa yang utama dan terpenting adalah akhlak. Semoga dengan rajin membaca Al-Qur’an, akhlak mulia pun juga mengikuti,” jelas H. Mursyidi. (ha)

Sumber: http://jatim.kemenag.go.id/berita/503705/mtsn-2-kota-malang-bina-akhlak-melalui-bimbingan-btq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.