Kota Malang (MTsN 2)- MTsN 2 Kota Malang selalu berusaha untuk meningkatkan sistem pembelajaran. Salah satu realisasinya dengan dilaksanakannya PAS (Penilaian Akhir Semester) CBT (Computer Base Test) yang telah berlangsung selama seminggu. Siang ini, Rabu (5/12), Al-Qur’an Hadist menjadi mata pelajaran penutup. PAS CBT di semester ganjil tahun ini diikuti oleh siswa kelas IX yang berjumlah 144 siswa.

Berbeda dengan pelaksanaan try out atau ujian nasional berbasis komputer yang sebelumnya terbagi menjadi 3 sesi, PAS CBT kali ini dilaksanakan serempak (satu sesi) setiap mata pelajaran. Meski komputer madrasah belum memenuhi jumlah siswa, tak lantas menjadi hambatan. Beberapa siswa membawa laptop ataupun androidnya sendiri. Untuk tahap pelaksanaannya hampir sama dengan dengan ujian nasional berbasis komputer lainnya. Peserta ujian login menggunakan akses wifi yang disediakan madrasah, lalu memasukkan username dan pasword. Setelah sukses login, peserta ujian dapat memilih mapel ujian sesuai jadwal dan setelah memasukkan token peserta ujian dapat mulai mengerjakan soal dengan durasi waktu yang ditentukan. Jika selesai mengerjakan, langsung klik finish, submit, dan logout.

Berikut komentar positif terkait PAS CBT MTsN 2 Kota Malang. Selain menghemat penggunaan kertas, PAS CBT dapat melatih kesiapan siswa menghadapi ujian nasional berbasis komputer yang akan datang. “Lebih hemat waktu juga, biasanya kalau menggunakan kertas ada LJK yang harus dihitamkan dan itu lama. Belum lagi kalau ada kesalahan, bisa jadi jawaban tidak terbaca scanner. Kemudian, soal yang muncul di komputer yang satu dengan komputer yang lain juga berbeda (diacak), jadi sulit untuk mencontek,” tambah Putri usai melaksanakan PAS di ruang 18. (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/509387/mtsn-2-kota-malang-laksanakan-pas-berbasis-komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.