Kota Malang (MTsN 2) –Rabu (23/1) simulasi UAMBN BK MTsN2 Kota Malang berahir dengan lancar. Simulasi yang dilaksanakan selama 3 hari itu terbagi menjadi 2 sesi setiap harinya. Satu sesi diikuti oleh 72 siswa dengan durasi waktu 90 menit. Total keseluruhan peserta simulasi UAMBN BK di MTsN 2 Kota Malang berjumlah 144 siswa.

Tiga hal yang menjadi tujuan utama pelaksanaan simulasi UAMBN BK kali ini. Pertama, penguji coba perangkat komputer dengan server. Kedua, uji coba aplikasi. Ketiga, uji coba koneksi server madrasah dengan server pusat.

Meski terdapat kendala seperti data base sempat hilang, paket soal belum teracak, dan ada fitur pada aplikasi yang belum berfungsi, simulasi UAMBN BK tetap aman terkendali. Mengacu pada simulasi ini, panitia diharapkan sigap mencari solusi jika sewaktu-waktu muncul permasalah saat ujian.

Berlatih untuk menjalankan sistem aplikasi sesuai dengan prosedur yang ada. Sedangkan bagi siswa, simulasi ini menjadi perkenalan awal terkait tahap pelaksanaan ujian, mulai dari memasukkan User ID hingga keluar aplikasi. Ketelitian menjadi catatan penting bagi siswa,misalnya saja ada yang merasa sudah selesai mengerjakan tapi setelah dicek masih ada beberapa soal yang belum terjawab.

“Terjadi beberapa masalah saat simulasi itu hal yang biasa karena memang tujuan dari simulasi sendiri adalah menyiapkan dan sebisa mungkin meminimalisir kendala yang muncul saat ujian berlangsung. Adanya simulasi-simulasi ini membiasakan siswa berada dalam situasi saat ujian sehingga apabila saat ujian nanti tiba-tiba muncul masalah, siswa sudah bisa tenang, tidak menimbulkan rasa khawatir yang berlebihan,” jelas Fauzi saat ditemui di lab komputer pagi itu, Rabu (23/1). (ha)

http://jatim.kemenag.go.id/berita/510238/catatan-simulasi-uambn-bk-pertama-mtsn-2-kota-malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.