Kota Malang (MTsN 2)- Agak berbeda dari suasana try out biasanya, kali ini siswa MTsN 2 Kota Malang tampak santai mengerjakan soal. Pantas saja, sebab yang mereka hadapi bukan lagi lembaran kertas atau pun layar komputer, melainkan iPad. Fasilitas try out pada Senin (15/01) itu, sepenuhnya dipenuhi oleh SMK 3 PGRI Malang.

Dalam waktu 90 menit, siswa dihadapkan dengan 50 soal Mapel UNBK. Sebanyak 20 soal untuk Mapel Bahasa Indonesia, selebihnya dipukul rasa masing-masing 10 untuk Mapel Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Usai mengerjakan soal, skor capaian segera muncul di layar iPad masing-masing. Namun, bukan berarti pihak madrasah tidak bisa mengecek keseluruhan skor siswa, panitia dari SMK 3 PGRI telah menyiapkan pasword user tersendiri bagi server sekolah, sehingga madrasah tetep bisa memantau perkembangan siswa dengan baik.

Tidak hanya itu, keunggulan lain dari try out kali ini yaitu masing-masing siswa mempunyai user ID dan pasword untuk membuka soal try out dimana pun dan kapan pun. “Program ini baik untuk anak-anak, setiap anak mau belajar bisa mengunjungi user ID dan pasword untuk berlatih UNBK. Dengan demikian, HP yang mereka punya tidak hanya sekedar dibuat hiburan, tetapi juga bisa dijadikan media untuk mengasah kemampuan menghadapi UN. Harapannya, dengan seringnya berlatih siswa sudah bisa santai ketika menghadapi UNBK yang sesungguhnya. Tidak panik apabila ada sedikit kendala teknis saat pelaksanaan UNBK nanti,” jelas Ngatini Kustiyaningrum, mewakili pihak MTsN 2 Kota Malang. (ha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.