Kenakan Busana Putih, Peserta Didik MTsN 2 Kota Malang Peringati Tahun Baru Islam

Kota Malang (MTsN 2) – Senin (02/09), dengan mengenakan busana serba putih, upacara bendera di MTsN 2 Kota Malang kali ini terasa lebih bernuansa Islami. Tentunya, Muharram menjadi salah moment istimewa bagi umat Islam yang patut diperingati, tahun barunya umat Islam. Memasuki awal Muharram, dapat dikatakan sebagai peristiwa hijrah untuk kembali putih. Menjadikan pembelajaran bagi diri sendiri untuk meninggalkan sesuatu yang merugikan dan beralih pada sesuatu yang lebih baik.

H. Subhan selaku pembina upacara juga menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan Muharram. Pertama, di moment tahun baru islam ini, hendaknya lebih memperbanyak niat baik. Misalnya ketika berada di Madrasah, niatkan untuk menjalin tali silaturrahmi, mencari barokah ilmu, dan lebih mendalami ilmu agama. Kedua, lebih memperbanyak sedekah di bulan Muharram, terutama kepada anak yatim piatu. Mengingat  kisah pertumpahan darah di masa silam yang mengakibatkan banyak anak menjadi yatim piatu. Ketiga, menjalankan amalan sunnah seperti puasa sunnah  ‘Asyura dan Tasu’a di tanggal 9 dan 10 Muharram.

Usai pelaksaan upacara, warga MTsN 2 Kota Malang segera menuju masjid untuk melaksanakan sholat dhuha dan dilanjut dengan istighosah.  Seluruh peserta didik pun mengikuti dengan penuh takzim, semata mengharap ridho Allah SWT. Berharap semoga  dapat membawa kebaikan dan keberkahan bagi Warga MTsN 2 Kota Malang. (ha)

Editor : Admin

Sumber : https://jatim.kemenag.go.id/berita/515801/kenakan-busana-putih-peserta-didik-mtsn-2-kota-malang-peringati-tahun-baru-islam

Semarak Idul Adha MTsN 2 Kota Malang Tinggalkan Kesan Positif

Kota Malang (MTsN 2) – Kamis (15/08), meski telah berlalu, rangkaian semarak Idul Adha yang digelar selama tiga hari berturut-turut nyatanya memberikan kesan yang positif bagi peserta didik MTsN 2 Kota Malang. Dimulai dari hari Sabtu, seluruh warga MTsN 2 Kota Malang yang berjumlah 622 orang laksanakan manasik haji. Bapak ibu wali kelas berperan sebagai ketua KBIH (berjumlah 22) yang mengantarkan para jamaah haji melaksanakan rukun islam yang kelima.

Dilanjut dengan kemah Arofah. Kemah arofah ini juga diisi dengan materi keperamukaan dan takbir keliling untuk meramaikan malam menyambut hari raya Idul Adha. Kegiatan yang diikuti oleh peserta didik kelas 7 ini ditutup dengan pelaksaan sholat Idul Adha berjamaah di Masjid Al-Ikhlas.

Di hari ketiga, penyembelihan hewan kurban yang diikuti oleh warga MTsN 2 Kota Malang. Alhamdulillah hasil penyembelihan 10 kambing dan 1 sapi, Senin lalu (12/08), menghasilkan 211 kantong daging yang siap dibagi. Tidak hanya didistribusikan kepada warga MTsN 2 Kota Malang, tapi juga berbagi dengan yayasan panti asuhan sekitar.

“Alhamdulillah dengan serangkaian acara yang terlaksana selama tiga hari berturut-turut dapat berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini bisa memberi kesan yang bermakna bagi peserta didik MTsN 2 Kota Malang. Peserta didik dapat belajar bagaimana tatacara melaksanakan ibadah haji dan umroh dengan baik, turut menyemarakkan datangnya hari raya Idul Adha, dan mengetahui proses penyembelihan hewan kurban. Semoga kegiatan seperti ini bisa diaplikasikan peserta didik di lingkungan tempat tinggalnya. Turut meramaikan hari-hari besar islam,” kata Nur Sya’baniah, menyampaikan kesan dan harapannya. (ha)

MTsN 2 Kota Malang Raih 11 Piala dalam 2 Pekan

Kota Malang (MTsN 2)- Senin (5/08), MTsN 2 Kota Malang kembali ukir prestasi. Belum genap sebulan pembelajaran, peserta didik MTsN 2 Kota Malang mulai berkompetisi untuk menjadi juara baik di perlombaan tingkat Kota Malang, Malang Raya, Jawa Timur, hingga Jawa Bali. Tidak mau ketinggalan berprestasi, peserta didik baru pun juga turut meraih kejuaraan.

Prestasi bidang akademik meraih 6 kejuaraan. Prestasi pertama, diraih oleh Ahmad Nazil Hamidan, juara 2 Kompesisi Sains Madrasah (KSM) IPS se-Kota Malang. Prestasi kedua dan ketiga, diraih oleh Abdillah Lucy Shandy Mahardika, juara 1 olimpiade sains dan matematika ajang prestasi anak negeri III se-Jawa Bali. Prestasi keempat dan kelima, diraih oleh Abdillah Wina Shandy Mahardika juara 2 olimpiade matematika dan juara 3 olimpiade sains ajang prestasi anak negeri III se-Jawa Bali. Prestasi keenam dari tim pramuka (M. Pambudi Bhakti Angkasa, Najwa Salsabila Syah, Muhamad Ilham Wicaksono, Nismara Syahda Nabilah Ramadhani, dan Pateh Dimas Roehan Hidayat), juara 2 Quiz Jambore Berani se-Kota Malang.

Lima kejuaraan berikutnya merupakan prestasi non akademik. Pertama, juara 1 lomba baca puisi memperingati Hari Anak Nasional 2019 se-Jawa Timur, diraih oleh Ratu Aulia Najwa Ardafa. Berikutnya, juara 2 lomba baca puisi memperingati Hari Anak Nasional 2019 se-Jawa Timur, diraih oleh Kifna Azzahra Permana. Ketiga, juara 2 lomba baca puisi memperingati Hari Anak Nasional 2019 se-Jawa Timur, diraih oleh Chaswanah Aini. Prestasi keempat diraih oleh tim pramuka MTsN 2 Kota Malang (Bhakti, Ilham, Adha, Hanif, Fahmi, Izul, Ula, Chelsea, Niken, Hira, Eva Dilla, Novika, Nismara, Febrina, Chacha, dan Putri), juara harapan 1 kontingen teladan Jamkoprada III se-Kota Malang. Prestasi kelima ditorehkan oleh Choirotul Ula, juara 1 kaligrafi dalam IMCO 6 se-Malang Raya.

“Alhamdulillah, barokallah , semoga dapat memotivasi peserta didik lainnya untuk turut menorehkan prestasi sesuai dengan bakat atau minat yang dimiliki. Semoga kedepannya semakin banyak peserta didik MTsN 2 Kota Malang yang berprestasi, bahkan hingga ditingkat nasional maupun internasional,” demikian harapan civitas MTsN 2 Kota Malang, yang diwakili oleh Erna Dwi Kaeksi. (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/514968/mtsn-2-kota-malang-raih-11-piala-dalam-2-pekan

H. Muhtar Hazawawi Tumbuhkan Sinergi Positif di MTsN 2 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 2)- Bertempat di Aula MTsN 2 Kota Malang H. Muhtar Hazawawi didampingi oleh H. Sutrisno dan Hj. Chusnul Khotimah berikan pembinaan bagi guru dan karyawan MTsN 2 Kota Malang pada hari Selasa (23/07). Pada kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang tersebut memberikan motivasi dan arahan yang begitu menggugah semangat untuk menjadikan MTsN 2 Kota Malang sebagai madrasah hebat dan bermartabat.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat yaitu dengan menjadi madrasah unggul dan terpadu yang tetap mengedapankan akhlakul karimah. Hal tersebut dapat terwujud dengan adanya sinergi yang positif dari warga MTsN 2 Kota Malang . Saling mendukung satu sama lain, kembali pada prinsip 5 budaya kerja, mulai dari integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. Berani berpikir lebih besar dan mengunggulkan kualitas.

“Mari bersama tumbuhkan mental pejuang. Guru adalah kurikulum hidup bagi peserta didiknya. Untuk itu, diharapkan tidak hanya mampu menyampaikan materi tetapi juga menunjukkan kepribadian yang baik sehingga menjadi teladan bagi peserta didik. Mari saling bersimpati dan berempati. Perbedaan ada untuk berkreasi bukan menyakiti, mari saling merangkul, bukan memukul. Di sini adalah rumah kita, mari kita banggakan bersama” tegas H. Muhtar Hazawawi dengan penuh semangat dan keyakinan. (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/514559/h-muhtar-hazawawi–tumbuhkan-sinergi-positif-di-mtsn-2-kota-malang

Asyiknya Matsama di MTsN 2 Kota Malang

Kota Malang (MTsN 2)- Matsama, masa ta’aruf peserta didik baru ini tentunya akan berkesan di hati. Selain kegiatan yang seru, materinya pun disampikan oleh narasumber handal. Seperti pada pelatihan baris-berbaris (PBB), peserta didik baru yang berjumlah sekitar 200 ini dilatih oleh anggota Koramil Kedungkandang. Demikian juga dengan materi penyuluhan Narkoba dan kenakalan remaja yang disampaikan langsung oleh bapak polisi dari Polsek Kedungkandang.

Tidak melulu tentang materi, kegiatan Matsama juga diisi dengan fun games.Melalui fun games peserta didik baru bisa mengasah kreativitas (membuat yel-yel) sambil menjalin kekompakan tim. Ada 14 kelompok yang akan bersaing meraih predikat kelompok terbaik dengan kriteria penilaian meliputi kekompakan, kedisiplinan, dan kreativitas.

Sebelum penutupan, ada agenda Jumat Bersih (19/07) yang diisi dengan kegiatan tanam pohon. Bekerja sama dengan kelompok Bank Sampah Eltari Kedungkandang dan Bank Tani Pokja 3 Kelurahan Cemorokandang, kegiatan tanam pohon dilaksanakan. Tumbuhan yang ditanam meliputi jenis tumbuhan yang ada di materi pembelajaran IPA kelas 7, 8, dan 9.

“Senang bisa menanam pohon, supaya madrasahnya bisa lebih asri. Jadi tau jenis-jenis tanaman juga , misalnya ada cemara, suplir, tanduk rusa, dan matoa,” kata Ayu dan Syafira, peserta didik baru, menyampaikan kesannya.

Satu lagi yang tidak kalah menariknya, Matsama MTsN 2 Kota Malang juga mengajarkan peserta didik baru untuk peduli sesama. Bakti sosial berupa santunan 13 kardus mie instan pun diberikan kepada panti asuhan terdekat yaitu Miftahul Huda dan Nurul Hikam. Pendistribusiannya diwakili oleh anggota inti OSIS beserta pembina, Sabtu (20/07). (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/514409/asyiknya-matsama-di-mtsn-2-kota-malang

MTsN 2 Kota Malang Ber-Karisma

Kota Malang (MTsN 2)-Jumat (19/07), ada yang baru di MTsN 2 Kota Malang. Memulai tahun ajaran baru tahun 2019-2020 MTsN 2 Kota Malang terbitkan majalah edisi perdana. Karisma yang merupakan akronim dari Karya Inovatif Siswa Matsanda ini, menjadi nama atau jati diri yang melekat pada majalah MTsN 2 Kota Malang.

Karya siswa yang dikolaborasi dengan tulisan bapak ibu guru ini memuat 60 halaman yang berisi serba-serbi MTsN 2 Kota Malang. Mulai dari salam redaksi, sambutan majalah, informasi seputar madrasah oleh bapak ibu wakil pimpinan, berita terkait prestasi, kegiatan guru karyawan dan siswa, bimbingan konseling, profil ketua osis dan ekskul, cerpen, puisi, hingga TTS. Ditambah dengan layout dan perpaduan warna yang meriah, Karisma semakin menarik minat pembacanya.

“Kita butuh support dari civitas akademika MTsN 2 Kota Malang untuk bersama-sama berjuang menjadikan madrasah semakin baik dan semakin bermartabat yang akan kita dapatkan infonya melalui majalah madrasah ini. MAN JADDA WAJADAH (artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang memuaskan) atau dalam pepatah bahasa Inggris dikatakan where there is a will there is a way! (artinya dimana ada kemauan, pasti di situ ada jalan),” mengutip tulisan pembina ekskul majalah (Ari Budiono) dalam artikelnya yang bertajuk Madingmats sebagai Embrio Majalah Matsanda. (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/514294/mtsn-2-kota-malang-berkarisma

MTsN 2 Kota Malang Belajar SKS Bersama H. Saiful Bahri

Kota Malang (MTsN 2)-Semakin berkembangnya sistem pendidikan yang ada, kini sistem Satuan Kredit Semester (SKS) tidak hanya berlaku di perguruan tinggi, tetapi juga marak diberlakukan di madrasah atau sekolah tingkat atas hingga menengah. MTsN 2 Kota Malang juga salah satu instansi pendidikan yang mulai merintis sistem SKS. Tidak ingin ketinggalan, MTsN 2 Kota Malang pun adakan workshop pengembangan media pembelajaran SKS dengan pemateri handal dan menghibur, H. Saiful Bahri.

Konsultan program SKS Kemenag Jakarta tersebut menjelaskan bahwa SKS adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan/atau strategi belajar setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya. Bersadarkan Permendikbud Nomor 158 Tahun 2014 Pasal 10 ayat (1) dan Pasal 3 ayat (3), lama belajar peserta didik sistem SKS paling cepat tuntas 2 tahun dan selambat-lambatnya 4 tahun. Untuk itu, tuntasnya peserta didik ditentukan oleh kemampuan dan usaha masing-masing. Tidak ada istilah naik atau tidak naik kelas bagi peserta didik, namun dinyatakan dalam lulus atau tidak lulus.

Untuk memudahkan proses dan evaluasi pembelajaran dalam kelas yang kemampuan peserta didiknya beragam, perlu adanya pengembangan media pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). UKBM berupa rangkaian tugas pembelajaran sesuai kompetensi dasar pengetahuan yang disusun secara berurutan dari yang mudah hingga sukar. Setelah dua hari (5-6/7) mengikuti arahan dari H. Saiful, kini waktunya bapak ibu guru MTsN 2 Kota Malang melasanakan penyusunan tugas mandiri yang meliputi analisis KD dan IPK, UKBM, dan RPP, Senin (8/7). (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/513996/mtsn-2-kota-malang-belajar-sks-bersama-h-saiful-bahri

MTsN 2 Kota Malang Ikuti Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian

Kota Malang (MTsN 2)- Senin (24/06), memasuki hari ketiga, waktunya bapak ibu guru se-KKM MTsN 2 Kota Malang praktik menyusun perangkat pembelajaran usai menerima materi workshop penyusunan perangkat pembelajaran dan penilaian yang dibuka oleh Kasi PendMa Kan Kemenag Kota Malang, H. Sutrisno. Setelah dua hari menerima beberapa materi terkait RPP dimulai dari materi kebijakan pemerintah tentang standar penilaian yang disampaikan oleh H. Subhan, selaku kepala MTsN 2 Kota Malang. Dilanjut dengan materi konsep dan karakteristik RPP, unsur 4 dalam RPP (Critical Thinking, Creativity, Communicative, dan Collaborative), dan unsur PPK (penguatan pendidikan karakter) dalam RPP yang disampaikan oleh pemateri dari UIN Maliki Malang, Priyo Supriyanto.

Materi hari kedua tentang HOTS (Higher Order Thinking Skill), teknik penyusunan RPP, serta presentasi dan Review Hasil Penyusunan RPP yang juga disampaikan oleh pemateri dari UIN Maliki Malang, Wahid Murni. Setelah itu barulah memasuki sesi tanya jawab. Bapak Ibu tampak antusias, menyampaikan beberapa pertanyaan terkait RPP dan soal HOTS. Salah satu pertanyaan yang disampaikan yaitu tentang letak perbedaan RPP yang terbaru dengan yang sebelumnya. Perbedaan yang mendasar terletak pada langkah pembelajaran yang harus memunculkan unsur 4C dan PPK (penguatan pendidikan karakter). Bagi MTs tentunya perlu mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan program unggulan. Misalkan di bagian pembuka disepakati orientasi yang menjadi ciri khas madrasah, selanjutnya di bagian inti dimunculkan kegiatan literasi sebagai program unggulan.

Masih di Aula MTsN 2 Kota Malang, beliau juga turut memberi evaluasi dan saran berdasarkan presentasi RPP yang ditampilkan oleh Bapak Ibu perumpun mapel. Beberapa catatan yang perlu dicermati kembali terletak di bagian penulisan tujuan, alangkah lebih baik jika penulisan tujuan dalam RPP menggunakan rumusan ABCD (audience, behavior, condition, dan degree). Selanjutnya, jumlah rincian tujuan disesuaikan dengan jumlah rincian IPK (indikator pencapaian kompetensi). (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/513694/mtsn-2-kota-malang-ikuti-workshop-penyusunan-perangkat-pembelajaran-dan-penilaian

Wisuda MTsN 2 Kota Malang, Raih Prestasi Gemilang, Gapai Masa Depan Cemerlang!

Kota Malang (MTsN 2) – Bertempat di Hall Hotel Kartika Graha, MTsN 2 Kota Malang laksanakan acara wisuda dan gelar prestasi tahun pelajaran 2018-2019 yang bertajuk Raih Prestasi Gemilang, Gapai Masa Depan Cemerlang. Tidak hanya dihadiri oleh Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Ketua Komite, Bapak Ibu Guru, dan Karyawan MTsN 2 Kota Malang, acara tersebut juga dihadiri oleh Plt Kan Kemenag Kota Malang (H. Mukhlis), Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kankemenag Kota Malang (H. Sutrisno), Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kemenag Kota Malang (Hj. Chusnul Khotimah), dan Pengawas Satuan Pendidikan Kota Malang (Hj. Firma Luluk La’alik).

Kepala MTsN 2 Kota Malang, H. Subhan, dalam sambutannya sekaligus pelepasan peserta didik, menyampaikan selamat atas prestasi yang telah diraih peserta didik tahun pelajaran 2018-2019, khususnya peserta didik yang telah diwisuda, Kamis pagi (19/06). Ia juga berpesan kepada orang tua atau wali peserta didik yang hadir untuk tetap membimbing putra putrinya dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, minimal menjalankan rutinitas keagamaan yang telah dibagun selama di madrasah, seperti mengaji, melaksanakan sholat wajib berjamaah, serta sholat sunnah.

H. Mukhlis, selaku Plt Kan Kemenag Kota Malang, juga turut memotivasi siswa untuk senantiasa mendalami ilmu, tidak bosan untuk terus belajar dan belajar. Sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an Surah Al Mujadilah ayat 11 yang memiliki arti “…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Beliau juga berpesan agar seorang siswa selalu hormat kepada oang tua dan tidak melupakan guru-gurunya.

Selanjutnya, gelar prestasi MTsN 2 Kota Malang menampilkan sekitar tujuh puluh prestasi peserta didik di bidang akademik maupun non-akademik baik di tingkat kota hingga nasional selama satu tahun pelajaran. Pengumuman NUN terbaik dan bintang pelajaran tahun pelajaran 2018-2019 menjadi puncak acara yang mendebarkan. Nilai UAMBN-BK (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer) terbaik diraih oleh Aris Dany Setyawan dan Angger Kuncahyo. Sementara nilai UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) terbaik diraih oleh M. Ansyar Sabila. Selain periah nilai UNBK terbaik, M. Ansyar Sabila juga dinobatkan sebagai bintang pelajaran tahun pelajaran 2018-2019 dengan sederet prestasi sebagai berikut. Juara 3 Olimpiade MIPA SMAISTAR Tingkat SMP/MTs Se-Malang Raya Open School SMA Islam Sabilillah Malang 2018, Juara 2 Olimpiade Matematika Hari Anak Kartini Nasional 2018, Raih Sertifikat Bronze Olimpiade Matematika AIMO TRIAL 2018, Juara 2 Olimpiade Matematika Ajang Prestasi Anak Negeri II Se-Jawa Bali, menjabat sebagai ketua OSIS tahun pelajaran 2017-2018, dan telah dinyatakan diterima sebagai peserta didik baru di SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur tahun pelajaran 2019-2020. (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/513658/wisuda-mtsn-2-kota-malang-raih-prestasi-gemilang-gapai-masa-depan-cemerlang

Halalbihalal MTsN 2 Kota Malang Kuatkan Nilai Religius dan Sosial

Kota Malang (MTsN 2) – Sabtu (22/06), halalbihalal memang sudah menjadi tradisi umat islam di momen idul fitri yang bernuansa religius dan sosial. Ungkapan halal bi halal berasal dari kalimat berbahasa Arab, halalul bi halalin, yang artinya saling menghalalkan. Menurut KBBI bermakna, hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di suatu tempat oleh sekelompok orang, atau dapat pula bermakna silaturahmi.

Masih dalam bulan Syawal 1440 H, suasana halalbihalal MTs Negeri 2 Kota Malang satu pekan lalu masih hangat dalam ingatan. Sebagai pembuka, H. Subhan, selaku kepala MTs Negeri 2 Kota Malang dalam sambutannya mengawali acara halal bi halal dengan sebaris doa, Ja’alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin (semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung). Tidak hanya keluarga besar MTs Negeri 2 Kota Malang, bapak Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Malang, bapak Camat Kedungkandang, dan Komite MTsN 2 Kota Malang juga turut hadir dalam acara tersebut.

Tidak pula sekedar mengakrabkan tali kekeluargaan, mauidzoh hasanah pun menjadi salah satu rangkaian acara pada pagi hari itu. Bertempat di Masjid Al-Ikhlas, Ustad K.H. Salim, pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda, menyampaikan kiat sukses untuk hidup di dunia dan di akhirat. Pertama, anjuran untuk berbakti kepada kedua orang tua, menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Kedua, rajin bersedekah, menginfakan sebagian hartanya untuk mencari keridhoan Allah. Ketiga, menjaga tali silaturahmi, sesuai dengan pesan bapak H. Sutrisno, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Malang, dalam sambutannya untuk senantiasa menjaga hati, baik hati diri sendiri maupun orang lain. (ha)

https://jatim.kemenag.go.id/berita/513654/halalbihalal-mtsn-2-kota-malang-kuatkan-nilai-religius-dan-sosial