MTsN 2 Kota Malang Laksanakan Screening Anemia Rematri, Siap Zero Anemia

Malang, 7 Maret 2023

MTsN 2 Kota Malang – Selasa, 7 Maret 2023 bertempat di Aula MTsN 2 Kota Malang, telah terlaksana Screening Kesehatan Anemia untuk Rematri, Remaja Putri, yang dilaksanakan bersama dengan Puskesmas Gribig. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Puskesmas Gribig, dr. Wida Sekarini Paramita beserta tim, Kepala MTsN 2 Kota Malang, H. Mukhamad Amin Tohari, S.Ag., M.PdI. beserta Pembina UKS MTsN 2 Kota Malang, Lailatul Zuhria, S.Si. Kegiatan berlangsung dari jam 08.00 – 11.00 WIB.

Screening Kesehatan Anemia Remaja Putri ini merupakan kegiatan rutin Program UKS tahun 2023 yang diadakan oleh Puskesmas Gribig bekerjasama dengan MTsN 2 Kota Malang. Adapun sasarannya adalah Remaja Putri kelas 7. Adapun kegiatan tersebut menggunakan Inform Consent atau Persetujuan Orang Tua. Program UKS ini selain Screening Anemia juga Program pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) untuk semua siswa putri dan Sosialisasi NAPZA siswa putra dan putri kelas 7.

Jumlah siswa putri kelas 7 adalah 115 siswi. Dari hasil Inform Consent terdapat 5 siswi yang tidak mendapat persetujuan dari wali murid. Pada hari pelaksanaan ada 2 siswi yang tidak hadir karena sakit. Jadi total yang di Screening adalah 108 siswi.

Hasil Screening dari 108 siswi diperoleh 20 siswi Anemia Ringan, dan 3 siswi Anemia Sedang. Tindak lanjutnya adalah pemberian Tablet Tambah Darah / TTD 1 x 1 sehari bagi yang Anemia Ringan, dan 2 x 1 sehari bagi yang Anemia Sedang. Bagi siswi yang tidak terkena Anemia, untuk menjaga tetap rutin minum TTD  1 x seminggu.

Kepala MTsN 2 Kota Malang, Bapak H. Mukhamad Amin Tohari, S.Ag., M.PdI. berharap bahwa kerjasama ini terus berlanjut dan semakin ditingkatkan. Manfaat yang dirasakan sangat banyak. Kesehatan siswi utamanya dapat dikontrol dengan baik. (Humas).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*