Sambut Digital Classroom, MGMP Bahasa Inggris MTs Kota Malang adakan OUTING di Kota Batu.

Kota Malang (MTsN 2) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Bahasa Inggris MTs Kota Malang melaksanakan evaluasi program tahun lalu dan penyusunan program kegiatan pada Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu ( 25/1) di kawasan Batu khususnya di kawasan wisata Santerra De Laponte, Balai Benih Ikan Punten dan Pasar Bunga Sekar Mulyo, Batu Jawa Timur. Kegiatan berbeda dari sebelumnya ini dilaksanakan selalu di dalam gedung madrasah membuat suasana kegiatan lebih ringan dan penuh dengan makna karena suasana dan lingkungan sangat mendukung untuk kegiatan tersebut.

Farid Wadji, menyampaikan sangat mendukung atas kegiatan yang bervariasi ini dan bisa dicontoh oleh MGMP lainnya agar tidak monoton dan mendapatkan ide kreatif dalam pembelajaran di dalam kelas dalam menyongsong Madrasah Digital pada 6 satker madrasah di Kota Malang yang telah diresmikan oleh Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas ( 22/1/23).

“Dalam menyonsong pembelajaran digital perlu dilaksanakan pemikiran dan inovasi dalam mengajar untuk memaksimalkan siswa mengikuti materi yang diberikan guru saat di kelas,” ucap Pengawas saat ditemui untuk perizinan kegiatan tersebut.

Ketua panitia, Muslimin, dalam kegiatan tersebut mendesain secara menarik dengan mengemas beberapa acara menjadi 3 sesi, paparan Evaluasi, Program Rencana dan tanya jawab serta sharing pengalaman oleh setiap anggota MGMP dalam mempesiapkan era Digital di madrasah masing-masing .

“Kegiatan yang pertama dilaksanakan di luar madrasah ini dikemas secara ringan namun tetap kita mendapatkan inti tujuan utama dan menghasilkan produk  pasca kegiatan outing menuju madrasah digital serta buku ke 2 karya seluruh anggota MGMP ,”ujar guru pada MTsN 2 Kota Malang tersebut.

Eny Afiyati mengungkapkan sangat menikmati serangkaian acara yang berbeda dari sebelumnya. Ice breaking, Guessing Word, Continue Word Game, Sing a song, dan Vlogging membuat suasana ceria dan tidak membosankan karna didukung suasana obyek wisata penuh dengan warna-warni bunga dan ornamen gedung serta tematik dari berbagai negara di dunia.

“Game yang dikemas oleh seksi acara membuat para anggota MGMP ceria dan sangat menikmati serta ide kreatif terebut dapat dilaksanakan dikelas,” kata guru dari MTs Sunan Kalijaga tersebut.

Hanik, Ketua MGMP, mengungkapkan agenda dalam waktu dekat ini, tepatnya  dibulan depan (Februari) MGMP akan mengadakan kegiatan yang bertajuk pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang akan mengundang narasumber dari lembaga di luar Kementerian Agama.

“Kita akan mengundang Guru Penggerak untuk mensosialisasikan pada seluruh anggota MGMP agar kita semua faham dan tahu yang ada di IKM,”   ujar guru pada MTsN 1 Kota Malang.

Agenda rutin lainnya yang akan dilaksanakan oleh MGMP yaitu Pembuatan Instrumen Penilaian ( PAS, PAT, Try Out, Ujian Parkatek dan Ujian Madrasah ) dan studi Banding ke MGMP kota lain.(Slim)

 

Video Kegiatan : https://youtu.be/PkKRGqoFzME

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*